Beranda > Berita Terbaru
#IndonesiaDaruratBencana

Tiga Hari Hujan, Tiga Kabupaten di Jambi Dilanda Banjir

01 Mar 2017
Tiga Hari Hujan, Tiga Kabupaten di Jambi Dilanda Banjir

ACTNews, JAMBI - Intensitas hujan luarbiasa deras dan rutin tak hanya didominasi di langit Pulau Jawa saja, puncak musim hujan berlaku meluas, dari barat Indonesia sampa ke timur, termasuk curah hujan di Pulau Sumatera. Tiga hari terakhir, guyuran hujan deras memusat di wilayah Pantai Timur Sumatera, dari Bangka Belitung, sampai Jambi terdampak langsung tingginya intensitas hujan. Banjir pun terulang lagi.

Tiga hari hujan lebat, tiga kabupaten di Provinsi Jambi dikabarkan dilanda banjir pada Selasa (28/2). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wilayah Provinsi Jambi merilis kabar, banjir melanda tiga kabupaten sekaligus, yakni Kabupaten Sorolangun, Muaro Bungo dan Merangin. Ditambah lagi laporan tentang banjir rob di Tanjungjabung Barat.

Banjir di Kabupaten Sorolangun menerjang Desa Laman Sigatal, kurang lebih 30 rumah terendam luapan sungai. Kemudian masih di Sorongalun, banjir dan tanah longsor melanda Kecamatan Pauh Ilir. Sampai tulisan ini diunggah, belum ada hitungan pasti berapa jumlah kerusakan rumah yang hancur digulung banjir dan longsor Pauh Ilir. Namun BPBD menyebut laporan sementara dua rumah ambruk rata tanah ditimpa longsoran tanah.

Dari Sorolangun, 32 Kepala Keluarga termasuk dua keluarga yang rumahnya habis disapu longsoran masih mengungsi. Dua rumah warga yang hancur berada di RT 10, Kelurahan Pauh, Kecamatan Pauh. Ketika hujan turun deras, rumah di tebing sungai itu ambruk hanyut dibawa longsor dan luapan sugai.

Kemudian di Kabupaten Muaro Bungo, di hari yang sama Selasa (28/2) banjir menenggelamkan puluhan rumah di wilayah Rantau Pandan. Luapan sungai di Rantau Pandan meluap cepat pasca hujan lebat selama tiga hari belakangan.

Longsoran juga terjadi di Kabupaten Merangin. Sebuah bangunan Pasar Bawah Bangko, Merangin dihantam longsoran Senin malam (27/2). Lima unit rumah toko (ruko) milik pedagang rusak berat tak lagi berbentuk. Longsor juga menghancurkan fondasi Jembatang Batang Masumai di dekat Pasar Bawah Bangko.

Tidak hanya longsoran, banjir di Merangin menerjang Desa Lantak Seribu, Kecamatan Renah Pamenang pada Selasa (28/2) kemarin. Jalur akses desa dari Lantak Seribu ke Desa Tambang Emas Kecamatan Pamenang Selatan tidak bisa dilalui warga. Aktivitas harian warga desa kini masih lumpuh.

Sementara itu, selain tiga kabupaten di atas, banjir bukan karena luapan sungai terjadi di Kabupaten Tanjungjabung Barat. Laut meluap ke daratan dan merendam pemukiman di pesisir. Puluhan rumah terendam banjir rob selama beberapa hari terakhir. Intensitas hujan yang tidak kunjung mereda makin menambah debit air banjir, pasang air laut mencegah banjir rob surut.

Mengutip Antara, Dalmanto selaku Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Jambi menyatakan masih ada kemungkinan wilayah lain dilanda banjir serupa. Terlebih jika melihat potensi hujan lebat Jambi belum akan mereda sampai memasuki awal Maret.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Jambi menyatakan cuaca Jambi dan sekitarnya berpotensi hujan dengan intensitas sedang sampai lebat. Derasnya hujan juga disertai petir dan angin kencang sepanjang hari.

Prediksi hujan lebat di Jambi berlaku untuk wilayah Kabupaten Batanghari, Muarojambi, Tanjungjabung Timur, Tanjungjabung Barat, dan Tebo. []

Penulis: Shulhan Syamsur Rijal