Beranda > Profile

Rizka Dunia Relawan,Semangat Hidupku

18 Jul 2014

Menjadi relawan pilihan tepat baginya. Dari sana ia menimba pengalaman berinteraksi dengan masyarakat beragam suku dan bahasa. Saat ACT membuka lowongan untuk relawan fasilitator, Rizka (23) mengajukan diri. Ia terlibat di Divisi Pengembangan Masyarakat, memberikan ketrampilan melalui program Jakarta Green and Clean (JGC) yang bermitra dengan PT Unilever Indonesia Tbk. "Dunia sosial, salah satu passion saya, terutama dunia kemanusiaan.

Juni 2013, saya lolos seleksi relawan fasilitator, diamanahi sebagai koodinator wilayah (korwil) Jakarta Timur menangani 25 area program ACT," jelas mahasiswi tingkat akhir jurusan Kesejahteraan Sosial FISIP UIN Jakarta ini. Ia mencecap suka-duka selama menjadi relawan. "Dukanya lebih banyak, terutama saat di lapangan. Tapi itu justru memotivasi saya, memberi pengalaman luar biasa.
 
Salah satunya cara berkomunikasi secara langsung dengan masyarakat setempat, dengan bermacam-macam latar belakang dan pola pikir berbeda-beda," aku gadis kelahiran Solo ini. Ia bisa belajar menjadi fasilitator yang baik. "Bersikap netral, tapi aspirasi masyarakat bisa sampai ke manajeman ACT. Pokoknya, dunia relawan semangat hidupku," katanya.n (dyt)