Beranda > Profile

Doyok Jadikan Hidup Kita Bermanfaat Bagi Orang Lain

18 Jul 2014

Menjadi relawan bisa dari latar belakang apa saja, tak memandang profesi apa pun yang penting memiliki spirit dalam hidupnya bermanfaat bagi sesama. Sudarmaji, yang terkenal dengan panggilan “Doyok” adalah salah satu dari relawan unik di Aksi Cepat Tanggap (ACT). Kehadirannya ditunggu semua kalangan, baik anak-anak, remaja, maupun para manula di berbagai wilayah yang menjadi bagian aktivitas ACT di ranah bencana.
 
Biasanya mereka mengenal Doyok di layar lebar maupun di layar kaca, kali ini warga dapat bertatap mata langsung bahkan bisa menyalami sosok pelawak yang kerap berduet dengan Kadir. Baru berjumpa orangnya saja nuansanya sudah lucu, apalagi saat mendengar celotehannya, cukup mengocok perut. Bakat alami yang dimiliki Doyok.
 
Pengalaman hidupnya menjadi artis dengan berbagai macam pergaulan menjadikan Doyok kini lebih menata hidupnya. Setelah terjerat kasus narkoba dan kehilangan istri tercintanya membuat Doyok sadar, jika ia harus senantiasa bersyukur dan menjadikan hidupnya lebih bermanfaat bagi orang lain. “Nama asli saya Sudarmaji, nama bekennya Doyok, umroh 5 kali, haji sekali, pejara sekali, saya konsisten orangnya. Sejak tahun 2000 hingga sekarang sudah say no to drug, tidak pakai narkoba lagi,” ujarnya saat hadir menghibur masyarakat dalam acara Peresmian Program IPAB PT Cikarang Listrindo, di Desa Muara Bakti, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, pada (5/6/2014).
 
Sebagai publik figur yang peduli lingkungan, Doyok mengatakan, kesadaran masyarakat menjaga sumber air sangat kurang di Indonesia, mungkin juga di dunia. Padahal, apapun yang terjadi di daratan, pasti akan mempengaruhi air tanah. Doyok mengimbau agar masyarakat memperhatikan sistem drainase yang ada di lingkungan sekitar. “Mari, kita harus mulai dari diri sendiri. Jika setiap orang sadar, maka kita bisa menyelamatkan air bersih di bumi,” kata Doyok yang saat itu hadir menghibur masyarakat Babelan.
 
Sebelumnya Doyok menghibur korban bencana erupsi gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur dan mendapat sambutan antusias dari masyarakat setempat. Selain menghibur korban bencana, Doyok bersama teman-teman grup lawaknya ikut aktif menggalang dana untuk kemanusiaan. “Kalau mau silaturrahmi ke rumah saya 24 jam pintu terbuka, alamat di Jl. Gunung Sutra No. 7 Lippo Karawaci, Tangerang,” tambah Doyok.n Sutaryo