Beranda > Ruang Pers

Press Release, 15 Januari 2014 : Dai Agen Perubahan Sadar Kemanusiaan

16 Jun 2014
JAKARTA- Indonesia hari ini yang begitu kompleks dengan berbagai persoalan. Diantaranya bencana yang selalu melanda tak henti-hentinya, baik bencana sosial maupun bencanaalam. Untuk menghadirkan solusi dari berbagai permasalahan tersebut, Dai bisa menjadi salah satu agenperubahan (agent of change), karena posisinya yang strategis berada ditengah-tengah masyarakat.

Melalui paradailah gerakan sadar kemanusiaan akan dimulai. Karenanya dibutuhkan social network(jaringansosial) untuk mewadahi ini semua. Di antaranya melalui  komunikasi yang multi platform baik website, jejaring sosial, ceramah, presentasi, maupun media lainnya.

Untuk itu, dibentuklah Sahabatiman (Inspirasi Kemanusiaan) dikalangan pada dai. Diharapkan memberikan solusi terhadap persoalan-persoalan kemanusiaan. Sahabatiman juga sekaligus sebagai ujung tombak dalam aktivitas dakwahnya untuk mengedukasi umat sehingga bisa memberikan kontribusi positif melalui dana zakat, infaq dan sedekah.

Presiden Aksi Cepat Tanggap Ahyudin mengatakan, diharapkan program ini dapat menggugah jiwa-jiwa peduli berbasis kerelawanan menuju kemandirian masyarakat.  Misinya, kata dia, Sahabatiman dapat mengembangkan model manajemen dakwah berbasis kemanusiaan, memperkuat sinergi dan kemitraan, memperkuat komunikasi lembaga, menggerakkan partisipasi kepedulian masyarakat dan memperkuat komunitas donatur.
“Dengan ini, diharapkan masyarakat sadar dan terinspirasi sehingga menghasilkan aksi-aksi kemanusiaan yang kolektif dan aktif,”kata dia.
Senior Vice President ACT Imam Akbari mengatakan, beberapa program dari Sahabatiman yang digulirkan adalah memberikan taushiyah atau kajian di masjid-masjid, majelista’lim, pelatihantentanghumanity intellegence, public speaking, kerelawananberbasis masjid, workshop dan mempeloporisinergi program dengan masjid.

Ketua Sahabatiman, Ustaz Muhammad Zulfikarullah mengatakan,  kalau hati manusia hanya berdiam diri melihat tragedi kemanusiaan yang menimpa saudara sesama umat manusia, misalnya di Syria atau daerah lainnya, maka menurutnya bukan tidak mungkin inilah kematian nurani yang ada di dalam diri umat manusia.

“Kita harus khawatir jika hari ini kita tidak peduli terhadap saudara-saudara kita. Nabi Muhammad SAW telah mengingatkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad “ Barang siapa yang ingin do’anya dikabulkan, kegelisahaannya disingkirkan, hendaknya Ia memberikan kemudahan kepada orang yang sedang mengalami kesusahan,” ungkap dia.
 
 
Community Partnership Development ACT Aat  Soihat (082125776295)
Public Relations Nucky Surrahmad ACT (08179999888)
 
FACTSHEET
 
 
1.  Tugas Dai Kemanusiaan
Dihadirkan untuk memenuhi ‘kehausan’ spiritualitas dari jamaah agar setiap insan bertaqwa (iman kepada Allah & hari kemudian serta terus mendirikan shalat) karena tanpa aqidah yang kuat akan sulit membangun kepedulian antar sesama.
  • Menjadikan masjid sebagai tempat bertanya tentang kehidupan:
  • Memenuhi kebutuhan penceramah (tema kemanusiaan/filantropi Islam)
  • Training keluarga Islami (dermawan), motivator, konsultan
  • Pembimbing Spiritual Journey ke lokasi program atau daerah bencana (WisataSosial)
2.   AgenHumanitarian Zone Goes to Masjid (HZGM)
  • Offline : Ustad Kemanusiaan & FGD dengan pengurus masjid
  • On line : Social Media (Facebook, Twitter), Blog
 
3.    Pelopor& Motivator Pemberdayaan Dana Ziswaf : “PemberdayaanUmat Berbasis Masjid” Tagline

a. Pemberdayaan internal masjid:
  • TIM (Teknologi Informasi Masjid)
  • Sehat Indonesia à Klinik Sehat
  • Cerdas Indonesia à Rumah Belajar
  • Bangkit Indonesia à ”Kios Sahabat”
  • Hijau Indonesia à Masjid ramah lingkungan
  • Siaga Indonesia à Siaga Bencana
b. Pemberdayaan eksternal masjid:
  • Program Daerah binaan (sinergi program ACT)
 
Lingga Permesti
 
Media Relations Staff
Aksi Cepat Tanggap (ACT)
Menara 165 Office Tower 14th floor
Jl. TB Simatupang Kav. 1 Cilandak
Jakarta Selatan 12430
 
Phone : 021- 2940 6565 ext 1427
Fax : 021- 2940 6564

Handphone : 081298142411