Beranda > Ruang Pers

2.000 Pelajar Kota Padang Siap Ikuti Latihan Akbar Kesiapsiagaan Bencana

27 Jul 2015
PADANG - Enam tahun lalu bumi Sumatera Barat pernah diguncang gempa besar berkekuatan 7,6 skala richter. Dampaknya sangat luar biasa. Tercatat sebanyak 1.117 orang tewas dan ribuan lainnya terluka. Berbagai bangunan dan fasilitas umum juga ikut hancur, mengakibatkan warga Padang mengungsi ke tempat-tempat pengungsian yang tersebar di kota.  
 
Munculnya korban jiwa yang cukup besar dalam sebuah bencana sesungguhnya bukan hanya disebabkan oleh bencana itu sendiri, namun juga oleh ketidaksiagaan kita dalam menghadapi bahala itu. Karenanya Aksi Cepat Tanggap (ACT), sebagai lembaga kemanusiaan dan lembaga tanggap-bencana, tak pernah berhenti memberikan edukasi tentang kebencanaan. Salah satunya adalah dengan secara periodik mengadakan pelatihan kesiapsiagaan bencana. 

Kali ini, ACT kembali mengadakan pelatihan kesiapsiagaan bencana bekerjasama dengan Sentra Pelajar Indonesia (SPIN) dan Kantor Pemerintah Kota Padang, dalam perhelatan akbar “Pelatihan Terbuka Kesiapsiagaan Bencana bagi Pelajar SMA/Sederajat di Kota Padang”.  Dengan acara ini semua pihak yang terlibat berharap, termasuk  pelajar khususnya, dapat menjadi komunitas yang lebih siap serta memahami tatacara melindungi dan menyelamatkan diri saat terjadi bencana gempa bumi.
 
Mendapat dukungan dari Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno dan  Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah, serta jajaran pejabat Pemda Kota Padang serta Dinas Pendidikan Kota Padang, langkah ACT untuk terus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mitigasi bencana menjadi semakin mantap. 

Acara “Pelatihan Terbuka Kesiapsiagaan Bencana bagi Pelajar SMA/Sederajat di Kota Padang” ini akan dilangsungkan pada Sabtu, 31 Januari 2015 bertempat di Lapangan Imam Bonjol, Alun-alun Kota Padang mulai pukul 07.00 WIB.
 
Tercatat sejumlah 2.000 pelajar dari 18 SMA/SMK di Kota Padang akan berpartisipasi menjadi peserta pelatihan ini. Puluhan trainer juga siap hadir untuk memberikan materi pelatihan yang komprehensif namun berlangsung dalam suasana segar. Tak ketinggalan pula figur publik yang juga aktor, Mandala Shoji, siap menambah ceria suasana pelatihan terbuka ini.
 
Rini Maryani, Director of Community Network ACT, menjelaskan bahwa pelatihan terbuka ini dipersembahkan untuk Pelajar SMA/Sederajat agar lebih mampu teredukasi dan memiliki pemahaman lengkap mengenai mitigasi bencana serta dapat menjadi agen edukasi bagi teman sebaya atau pelajar di tingkat bawahnya. 

“Kami berterima kasih atas dukungan Bapak Gubernur Sumatera Barat, Bapak Walikota Padang, Dinas Pendidikan Kota Padang dan seluruh elemen pemerintah daerah yang merestui dan mendukung penuh pelaksanaan acara ini. Semoga dari acara ini, kewaspadaan akan mitigasi dan perlindungan diri masyarakat akan bencana dapat mengurangi resiko korban jiwa saat terjadi bencana,” ujar Rini 

Rini juga menambahkan bahwa acara akbar ini dalam rangka penandatangan perjanjian kerjasama antara ACT dan SPIN untuk program “Komunitas Gemar Berbagi”. “ACT dan SPIN dengan disaksikan oleh Bapak Gubernur Sumatera Barat, akan meluncurkan program bersama Komunitas Gemar Berbagi, yang akan mengaktivasi kanal-kanal kemanusiaan di Kota Padang.”
 
Sebagai penutup, Rini Maryani juga menyampaikan apresiasi kepada segenap relawan lokal dan rekan-rekan media yang antusias menyambut pelaksanaan event ini. “Kami haturkan terima kasih kepada segenap relawan yang penuh antusias membantu persiapan dan pelaksanaan acara ini. Tak lupa terima kasih kami untuk rekan-rekan media yang dengan peran aktifnya, edukasi dan sinergi yang terbangun mampu memberikan dampak positif untuk Indonesia,” pungkasnya. n
 
 
Info lebih lanjut:
Iqbal Setyarso (Direktur of Global Philanthropy Media) 0812-1951-0869
Syarifa (Public Relation) 0812-8886-4929



Public Relations 
Aksi Cepat Tanggap (ACT)
Menara 165 Office Tower 14th floor
Jl. TB Simatupang Kav. 1 Cilandak
Jakarta Selatan 12430

Phone        : 021- 2940 6565 ext 1427
Fax        : 021- 2940 6564