Beranda > Kolaborasi

Global Qurban




Kurban adalah salah satu bentuk ibadah berdimensi sosial dalam Islam. Di dalamnya tercermin bentuk tanggung jawab sosial masyarakat Muslim kepada sesamanya. Dengan ibadah kurban terjadi pengokohan manusia sebagai makhluk sosial, karena kurban pastilah ditujukan untuk orang lain.

Kurban  juga melatih kesucian jiwa, kepekaan dan kepedulian  sosial. Dengan demikian, kurban menjadi sarana yang efektif untuk membangkitkan solidaritas kemanusiaan. Kurban juga bisa menjadi sarana untuk membangun dan mengokohkan persaudaraan antar sesama.

Karena itu, kurban sebagai ibadah sosial bisa menjadi solusi untuk membantu membangun harmoni kemanusiaan, mengatasi problem kemanusiaan yang saat ini melanda umat manusia berupa kemiskinan, konflik, bencana alam, ketidakadilan, keserakahan, kesenjangan, dan berbagai permasalahan kemanusiaan lainya.

Strategisnya peran kurban tersebut menjadi landasan hadirnya GLOBAL QURBAN sebagai lembaga pengelola kurban yang profesional.  Karena peranan strategis kurban ini hanya akan berhasil dirasakan manfaatnya oleh umat jika kurban dikelola secara terorganisir melalui kelembagaan

GLOBAL QURBAN mengelola kurban dengan melibatkan masyarakat sejak awal proses pelaksanaannya yaitu :


  • Pengadaan hewan kurban yang berkualitas
Menyiapkan hewan kurban adalah tahapan awal yang menjadi salah satu kunci sukses pelaksanaan kurban. Global Qurban menggandeng masyarakat dalam penyediaan hewan kurban dengan pola pemberdayaan yang menguntungkan sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Meskipun demikian Global Qurban tetap mengutamakan kualitas hewan qurban, yakni harus memenuhi syarat secara syariah maupun kesehatan sehingga layak dijadikan sebagai hewan kurban.


  • Distribusi hewan kurban yang tepat sasaran
Cakupan wilayah penerima manfaat Global Qurban tidak hanya seluruh provinsi di Indonesia namun juga di lebih dari 20 negara di Dunia. Kriteria wilayah distribusi Global Qurban adalah masyarakat yang dilanda permasalahan kemanusiaan baik akibat kemiskinan, bencana maupun konflik kemanusiaan.

Pemotongan dan Distribusi hewan dan daging kurban dikelola secara professional dan higienis dengan melibatkan masyarakat penerima daging kurban sebagai tim implementasi sehingga masyarakat sekaligus sebagai saksi bahwa hewan dan daging kurban yang diberikan sangat layak dikonsumsi masyarakat dan memenuhi standar kesehatan.


  • Pelaporan pelaksanaan kurban
Bagi pekurban, keyakinan bahwa hewan qurbannya telah dipotong dan disalurkan kepada masyarakat yang berhak serta tepat sasaran, dapat diperoleh melalui laporan kurban yang diberikan. 
 
Global Qurban memberikan laporan langsung kepada pequrban berupa foto hewan hidup, hewan setelah dipotong, distribuysi daging kurban serta penjelasan mengenai profil wilayah yang dilengkapi testimoni dari perwakilan masyarakat yang menerima daging kurbannya.
 
Selain itu, pekurban juga dapat memperoleh informasi mengenai pelaksanaan qurban melalui berbagai media komunikasi yang disediakan Global Qurban. 

Info lebih lanjut, klik: http://globalqurban.com