Beranda > Program

Global Humanity Response



GLOBAL HUMANITY RESPONSE (GHR) dirancang sebagai sebuah program untuk ,erespons erbagai permasalahan kemanusiaan yang terjadi ditingkat global. Indonesia sebagai sebuah bangsa besar harus mampu memberikan manfaat dan meringankan beban penderitaan masyarakat, tak hanya untuk warga Republik Indonesia semata namun juga warga masyarakat di berbagai belahan dunia lain yang dilanda berbagai persoalan kemanusiaan baik karena kemiskinan, bencana alam maupun konflik kemanusiaan. Oleh karena itu cakupan wilayah aksi GHR adalah dunia. 
Global Humanity Response dalam aksinya senantiasa bekerjasama dengan berbagai elemen lintas negara baik pemerintahan di masing-masing negara tempat aksi, representatif pemerintah Indonesia, berbagai lembaga kemanusiaan dunia serta masyarakat Indonesia juga mancanegara.
 
Aksi-aksi yang dilakukan tim GHR diantaranya : 
 
GLOBAL EMERGENCY RESPONSE

Penanganan emergency bencana yang terjadi di kancah global. Bentuk Aksi yang dilakukan adalah emergency relief dan Medic, diimplementasikan oleh tim reaksi cepat yang professional dan berpengalaman dalam aksi emergency dengan berbagai kondisi dan beragam karakter masyarakat korban.
  
GLOBAL EMERGENCY RELIEF 

Pemenuhan Kebutuhan dasar korban bencana disesuaikan dengan kebiasaan masyarakat setempat baik dalam pengadaan jenis bantuan (makanan, pakaian dan air bersih di fase darurat) maupun dalam pola distribusi. 

Melibatkan korban bencana sebagai bagian dari subjek aksi dengan menjadi relawan juga relawan-relawan Indonesia yang bermukim di Negara tempat aksi.
 
GLOBAL EMERGENCY MEDIC 

Menyediakan layanan medis bagi korban bencana di berbagai Negara dengan melibatkan tenaga medis terampil baik yang didatangkan dari Indonesia maupun tenaga medis setempat serta menyediakan berbagai peralatan medis maupun obat-obatan untuk membantu memulihkan kondisi kessehatan masyarakat korban bencana. 
 
Terkait adanya kekhususan kondisi di beberapa wilayah konflik serta besarnya korban dengan waktu pemulihan kondisi kehidupan yang panjang, GHR memiliki turunan aksi khusus di berbagai Negara diantaranya : 

1. SOS PALESTINA
2. SOS SYRIA
3. SOS ROHINGYA
 
GLOBAL RECOVERY PROGRAM

Paska emergency, korban bencana masih harus menghadapi berbagai permasalahan yang diakibatkan bencana. Global Recovery Program merupakan upaya pemulihan korban bencana baik dalam fasilitas fisik, ekonomi, dan sosial. 

Program yang dijalankan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi serta berkoordinasi dengan pemerintahan dan berbagai elemen di Negara yang telah dilanda bencana. Beberapa model program yang dijalankan diantaranya :

Penyediaan shelter tempat tinggal bagi pengungsi/korban bencana
Portfolio : Penyediaan 400 unit shelter bagi pengungsi di Sittwe, Rakhine State, Myanmar.
Pemulihan ekonomi dengan memberikan bantuan modal usaha 
Portfolio : bantuan modal usaha berupa perahu bagi para nelayan di Gaza, Palestina.
Pemulihan pendidikan dengan pemberian beasiswa pendidikan maupun penyediaan paket bantuan serta sarana pendidikan
Portfolio : Beasiswa pendidikan bagi Mahasiswa asal Rohingya dan Myanmar, Beasiswa pendidikan bagi korban konflik kemanusiaan di Palestina.