Beranda > Program

Disaster Recovery Program (DRP)


Spirit program recovery adalah memuliakan korban bencana. Kepedulian terhadap korban bencana, dimplementasikan dalam aksi jangka panjang yang berupaya mendampingi objek bencana hingga tahap pemulihan.

Konsep implementasi Disaster Recovery Program adalah Integrated Recovery Program  (IRP) yang diwujudkan melalui upaya-upaya pemulihan fisik, ekonomi, dan sosial pasca bencana alam maupun bencana sosial. Sejatinya, fokus utamanya adalah recovery manusia. Bagaimana membangun peradaban baru pasca bencana. Untuk memulihkan manusia seutuhnya inilah, dimulai dengan tiga aspek tersebut. Model-model  program yang dijalankan adalah : 
 
INTEGRATED COMMUNITY SHELTER (ICS)

Hunian Nyaman Terpadu Bersifat Sementara sebagai alternatif solusi untuk memberikan tempat tinggal dan lingkungan kehidupan sementara yang lebih baik bddibanding tenda-tenda pengungsian bagi korban bencana di fase transisi dari emergency ke recovery (early recovery), memenuhi  Kebutuhan Dasar (papan, pangan dan sandang), memberdayakan kembali potensi kearifan local korban bencana secara partisipatif melalui gotong royong dalam pembangunan ICS. 

ICS meliputi: 
Hunian sementara per keluarga dilengkapi peralatan rumah tangga dan perlengkapan dapur
Bangunan sekolah sementara 
MCK dan Instalasi Air bersih
Masjid/Musholla
Perpustakaan
Dapur Umum
Fasilitas bermain 
Pendampingan awal untuk pemulihan ekonomi
 
RECOVERY FISIK 

Merupakan pemulihan fasilitas fisik paska bencana, meliputi : 
Renovasi atau Rekonstruksi Rumah Permanen/Rumah Tahan Gempa (RTG), 
Renovasi atau rekonstruksi Rumah Ibadah
Renovasi atau Rekonstruksi Sekolah dan Fasilitas Umum : Pasar tradisional, MCK, dll

Program recovery fisik mendorong partisipasi masyarakat dalam bentuk gotong-royong, sinergi antarelemen dan menghilangkan ketergantungan dengan mewujudkan komunitas mandiri yang berdaya. 
 
RECOVERY SOSIAL 

Meliputi pemulihan kehidupan masyarakat korban bencana dalam bidang pendidikan, kesehatan serta aktivitas trauma healing dan pembinaan spiritual,  yang dilakukan dalam rangka membangun kembali nilai-nilai positif, mengubah paradigma untuk membangun peradaban baru pasca bencana.

Bentuk aktivitas serta bantuan yang diberikan :
Pemenuhan kebutuhan pendidikan : 
   - Paket bantuan alat pendidikan 
   - Pendampingan belajar dengan melibatkan sumber daya relawan.
   - Penyediaan perpustakaan atau rumah belajar
Recovery Kesehatan dan Lingkungan.
   - Edukasi kesehatan berupa penyuluhan dan kegiatan promosi penggunaan air bersih dan sanitasi  (melengkapi paket bantuan fisik MCK dan Sarana air bersih), penyuluhan gizi, dll
   - Menghidupkan kegiatan kerja bakti kebersihan lingkungan
   - Pendampingan pola hidup bersih sehat
Trauma Healing dan Pembinaan spiritual (lanjutan paska emergency) yang disesuaikan dengan setiap tahapan usia korban bencana.
 
RECOVERY EKONOMI 

Program ini difokuskan untuk memulihkan mata pencaharian korban bencana sehingga mampu kembali menggerakkan roda ekonomi masyarakat. 
Pemberian Modal Usaha
Pelatihan dan pendampingan untuk peningkatan Skill usaha dan pemasaran produk