Beranda > Sisi Humanis
Community Development

ACT Hadir di Yogyakarta dan Jateng

ACT Hadir di Yogyakarta dan Jateng

SINERGI: ACT hadir di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Tampak Syuhelmaidi Syukur, SVP ACT (kedua dari kiri) didampingi Awal Purnama, Regional Head ACT DIY, saat bersilaturahim dengan Pemimpin Redaksi Kedaulatan Rakyat Online Ahmad Luthfie (kedua dari kanan). (Foto: Dok. ACT).

 

Sinergi segitiga antara Donatur “masyarakat”, Lembaga Kemanusiaan dan Media menjadi keniscayaan terutama ketika bencana hadir beruntun & fenomena kesenjangan sosial nyata disekitar kita. Bencana, sesaat melumpuhkan kekuatan pemerintahan lokal yang terdampak bencana, hal yang layak memicu kepedulian banyak pihak. Dan fenomena kesenjangan sosial bisa menjadikan isyarat ketidakpedulian kita terhadap kehidupan antar sesama. ACT sebagai lembaga kemanusiaan, tak henti mengedukasi kepedulian.  

ACT (Aksi Cepat Tanggap) sebagai lembaga kemanusiaan Nasional yang berkantor pusat di Jakarta sangat konsen terhadap kegiatan kegiatan pemberdayaan kemanusiaan baik di dalam negeri maupun luar negeri. Banyak jejak jejak pemberdayaan kemanusiaan yang ditorehkan ACT terutama dalam program penanganan bencana alam, bencana kemanusiaan, kelaparan dan kesenjangan sosial dll termasuk program edukasi masyarkat untuk memahami dan terlibat dalam program-program isu kemanusiaan.

Diantara jejak-jejak pemberdayaan ACT di Indonesia adalah di wilayah Jogjakarta dan Jawa Tengah (Jateng). Untuk wilayah Jogja,diawali dari program pemberdayaan penanganan gempa Jogja 2006-2007. Berikut program-programnya di Jogjakarta : membangun kawasan pemulihan terpadu di Kedaton Kidul, Kec. Imogiri, Bantul bekerjasama dengan ELNUSA, BNI, LBP Japan, ESQ, BAMUIS BNI, Muslim Aid, RBP, PokMas. Kerjasama ini berhasil membangun 152 unit Rumah Tahan Gempa (RTG). Selain di Jogja, RTG juga dibangun di Imogiri dan Prambanan, Klaten.

Selain RTG, ACT juga membangun rumah tumbuh sebanyak 735 unit di DIY-Jateng bekerjasama dengan beberapa gabungan mitra. Pembangunan fisik lainnya adalah pembangunan masjid di Piyungan bekerjasama dengan mitra korporat yang bersumber dari dana CSR perusahaan media di luar Jawa dan Masjid Al Huda di Wonolelo, PleredBantul. ACT bekerjasama juga dengan LBP Japan merenovasi Pasar Jetis. Juga menghidupkan kembali masjid, pusat kesehatan dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Pemberdayaan lainnya adalah Lumbung Ternak Masyarakat (LTM), ini dikhususkan pada ternak sapi dan ternak kambing. LTM untuk ternak sapi ini kerjasama dengan Departemen Pertanian RI.Sedangkan ternak kambing dilaksanakan di daerah Bambanglipuro dan Plered bekerjasama dengan SINDO, Lampung Peduli dan BAMUIS BNI.

Pada 2010, ACT hadir kembali di Jogjakarta ketika bencana Gununa Merapi. Beberapa program yang dilakukan ACT adalah pembangunan Integerated Community Shelter (ICS) sebanyak 140 unit termasuk di dalamnya masjid, perpustakaan, Learning Center, Klinik, Perpustakaan, Playground, MCK, pemberdayaan ekonomi dan lain-lain.

Untuk menguatkan dan melanjutkan program-program pemberdayaan di wilayah Jogjakarta dan sekitar Jateng, ACT mulai bulan Mei 2014 melakukan ekspansi pembukaan kantor cabang di Jogjakarta, Semarang dan Solo. Kantor cabang DIY beralamat di Jalan Timoho II No. 32 (barat Kampus Janabadra Timoho Yogyakarta),Telp. (0274) 7134440. ACT mengajak seluruh warga DIY dan Jateng untuk bersama-sama membangun rasa kepedulian dengan mendukung dan terlibat dalam program program kemanusiaan sehingga terbangun harmonisasi kehidupan sosial masyarakat. (rul/dyt)

----------------------

 

Contact: Awal Purnama, Regional Head ACT DIY Jateng (083840323271)