Beranda > Sisi Humanis
Solidaritas Kemanusiaan Dunia Islam

ACT BERSIAP JALANKAN PROGRAM RELIEF & RECOVERY DI GAZA

ACT BERSIAP JALANKAN PROGRAM RELIEF & RECOVERY DI GAZA

ACTNews, MESIR - Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengirimkan tim Sympathy of Solidarity (SOS) Palestine, untuk membangun berbagai fasilitas publik di Gaza, Palestina. 

Ditemui RRI di Kairo, tim leader SOS Palestine, Yusnirsyah Sirin, mengatakan, ia bersama rekannya Sudayat Kosasih merupakan bagian dari tim relief and recovery. Mereka akan melakukan pembangunan fasilitas publik seperti sekolah, rumah hingga shelter permanen bagi korban serangan Israel di Gaza, Palestina. 

“Tim recovery kami ini membangun kembali sekolah yang rusak, kalau mungkin membangunkan rumah. Konsep kami kan selalu di daerah bencana, total disaster management. Tapi, di sini agak istimewa sebab kami menyiapkan shelter permanen dan mengikuti konsep budaya mereka. Kalau mereka terbiasa tinggal di flat (rumah susun), ya kita bangunkan flat. Kami harus masuk untuk menjajaki itu. Baik mengenai perijinan dan penerimaan masyarakat seperti apa,” papar Yusnirsyah Sirin seperti dilansir rri.co.id, 22 Agustus 2014. 

Lebih lanjut Yusnirsyah Sirin menambahkan saat ini pihaknya tengah menunggu ijin yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Mesir, bagi keduanya untuk memasuki wilayah Gaza melalui perbatasan El Rafaah.

Sementara itu, fokus kerja dari tim SOS Palestine ini dipusatkan di kota Jaballiyah yang dinilai mengalami kerusakan parah akibat serangan Israel sejak awal Juli lalu. 

Sedangkan, dari program SOS Palestine oleh ACT sendiri melibatkan 26 relawan yang merupakan bagian dari tim relief and recovery, healing hingga medis. 

Anggota tim SOS Palestine, Sudayat Kosasih, mengatakan  kedatangan tim relief and recovery ACT tersebut selain untuk membangun fasilitas publik, juga untuk melakukan peninjauan lapangan di kawasan Jabaliyah, Gaza, Palestina. 

Sehingga, tidak menutup peluang terhadap adanya program baru jangka panjang yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di sana pasca serangan Israel Juli lalu. 

“Sesuai dengan SOP (standar operasional prosedur) KBRI, kita sudah memenuhi persyaratan-persyaratan administratif itu. Kita kenapa harus masuk karena banyak hal-hal yang harus kita lakukan, untuk need assesment masyarakat Gaza itu apa sebenarnya yang dibutuhkan,” jelas Sudayat Kosasih. 

Sudayat Kosasih yang juga merupakan marketing manajer Global Philantrophy Media ACT mengatakan, tim SOS Palestine akan berjuang semaksimal mungkin agar dapat memasuki wilayah Gaza dan menyalurkan amanah masyarakat Indonesia tersebut.

diolah dari laporan situs rri.co.id

-------------

Mari wujudkan kepedulian untuk saudara-saudara kita di Dunia Islam, salurkan donasi Anda melalui rekening Solidaritas Kemanusiaan Dunia Islam:

 

Rekening SOS PALESTINE:

BSM 101 000 5557

BRI 092 401 0000 18 304

Muamalat 304 0031 870

Mandiri 12 8000 459 3338

BNI 014 076 5481 

BCA 676 030 0860

An. Aksi Cepat Tanggap