Beranda > Sisi Humanis
Community Development

Berkolaborasi dengan Carrefour, ACT Gulirkan Bantuan Modal Usaha Kecil

Berkolaborasi dengan Carrefour, ACT Gulirkan Bantuan Modal Usaha Kecil

LULUS: Salah seorang anak penerima manfaat program Bengkel Gizi Terpadu (BGT) dan bantuan modal usaha bergulir dari Carrefour sudah baik gizinya dan sudah lulus. (Foto: Satari)

ACTNews, JAKARTA -  Berkolaborasi dengan PT Trans Ritail Indonesia (Carrefour), Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggulirkan bantuan modal usaha kecil untuk ibu-ibu rumah tangga yang anaknya menderita kekuarangan gizi. Sebanyak 55 orang wanita luar biasa sudah menerima bantuan modal usaha kecil dari Carrefour melalui program Community Development (Comdev) ACT, di wilayah Tangerang Selatan (Tangsel).

“Ini adalah program lanjutan dari program Bengkel Gizi Terpadu (BGT) untuk anak-anak yang menderita kekurangan gizi. Setelah  mengalami  masa treatment dengan pemberian gizi, kini anak-anak tersebut sudah mulai pulih pertumbuhan fisiknya bagus. Fase berikutnya, ACT memberikan bantuan modal usaha kecil dan melakukan pendampingan terhadap mereka,” ujar Arin Puspa Nugrahani, Koordinator Tim Comdev-ACT.

Meski jenis usaha dari 55 orang wanita luar biasa ini beraneka ragam, misalnya ada usaha warung kelontong, jualan nasi uduk, jualan sayur,  usaha menjahit, kerajinan pernak-pernik, hingga kerajinan meubel, namun mereka memiliki satu tekad yang sama, ingin memperbaiki kondisi ekonomi keluarganya.

Salah seorang penerima manfaat dari program ini adalah Sri Nurhayati – seperti telah diberitakan sebelumnya – Sri menerima bantuan modal usaha kecil dari Carrefour dan 54 orang penerima manfaat lainnya melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT).

“Terima kasih kepada Carrefour dan ACT, dengan bantuan ini, saya bisa membantu suami mencari nafkah, membiayai sekolah anak-anak, yang dulunya selalu saya ngutang sana sini. Dan sejak saya punya usaha ini, saya bisa ikut arisan Rp 200.000 setiap bulan. Saya bersyukur sekali, “ ujar Sri Nurhayati, ibu tiga anak yang tinggal Pondok Cabe Udik, Kec Pamulang, Tangsel.

Untuk menstimulasi kemandirian peserta, skema bantuan usaha inipun dibuat seperti pinjaman bergulir yang dapat diangsur sesuai dengan omzet usaha dan kesanggupan peserta program. Di samping memberikan bantuan pinjaman modal usaha, program ini juga memberikan pendampingan usaha serta pelatihan keahlian berwirausaha.

“Melalui Program Pemberdayaan Ekonomi Wanita ini, ACT berharap dapat menggali potensi kaum ibu rumah tangga, khususnya yang hidup dalam keterbatasan ekonomi, dalam berwirausaha. Disamping itu, dengan program ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat juang para ibu untuk ikut memperbaiki kondisi ekonomi keluarganya, “ pungkas Arin Puspa. (dyt)

 -----------

Buktikan kepedulian kita kepada korban bencana alam, dengan langkah nyata memberikan bantuan untuk mereka. Bantuan dapat berupa barang kebutuhan atau donasi yang dapat disalurkan melalui :

BSM # 0040119999

Muamalat # 3040031869

Mandiri # 1010004802482 

BCA # 6760303133

CIMB Syariah # 5280100001006

BRI # 092401000018304

BNI Syariah # 0270360372 

an. Aksi Cepat Tanggap