Beranda > Sisi Humanis
Community Development

ACT Support Up Grading Penanganan Bencana

ACT Support Up Grading Penanganan Bencana

EVAKUASI KORBAN (Ilustrasi) : Tim Water Rescue-ACT sedang mengevakuasi korban banjir Jakarta. (Foto: Dok ACT)

ACTNews, TANGSEL - Dalam rangka meningkatkan kapasitas (up grading) personel skill rescue, tim DERM-ACT turut serta mendukung dan mengirimkan empat personelnya dalam pelatihan gabungan teknis penanganan penanggulangan bencana di Villa Marina Anyer, Banten, (21-23/5) lalu.

Pelatihan yang diikuti peserta utusan dari PMI, TAGANA, BPBD Tangsel dan ACT serta berbagai organisasi kerelawanan Kota Tangerang Selatan. TPanitia Training mendatangkan beberapa narasumber antara lain Erwit Supriadi, Kabid Rehabilitasi dan Rekontruksi – untuk materi indoor, Bambang Hartoko Tri Bangun, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Tangse, Ujang Dede Lesmana Regional Director PMI Tangsel.

Selain materi indoor, pelatihan yang berlangsung selama tiga hari ini juga menyajikan materi outdoor dengan materi “Teknik Penyelamatan Korban Di Air” bersama narasumber Boby Eryana Putra dari BASARNAS Posko Banten. Para peserta sangat antusias mengikuti materi demi materi pelatihan tersebut.

“Semoga pelatihan ini tidak hanya berhenti sampai disini, melainkan berlanjut pada tahap penanganan bencana sesungguhnya di lapangan khususnya di wilayah Tangerang Selatan,” ujar Bambang Hartoko.

Sementara itu, Erwit mengajak semua elemn dari berbagai lembaga kemanusiaan harus saling melengkapi di lapangan. Beberapa peserta lainnya juga memberikan masukan terhadap kinerja BPBD Tangsel selama ini dalam penanggulangan bencana.

“Kita semua harus menginventarisir kekuatan kita, mulai dari spesifikasi personel,tools hingga perencanaan agar kita sebagai pelaku penanganan bencana di Kota Tangsel mengetahui sejauh mana kekuatan dan kapasitas potensi di Kota ini, ujar Ading Fahrudin, personel Tim DERM-ACT.

Bambang Hartoko, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Tangsel berjanji akan menindaklanjuti masukan tersebut. ”Kami sepakat dengan Tim DERM-ACT, ke depannya kita akan bahu-membahu di lapangan dalam penanganan bencana di Kota Tangerang Selatan, “ pungkasnya. (dyt/adding)

 --------------------

Salurkan Paket Wakaf Pendidikan berbentuk Paket Peralatann Sekolah Anda ke: 
Kantor ACT Ciputat di Perkantoran Ciputat Indah Permai Blok B 8-9, Jl.Ir.H.Juanda No.50 Ciputat Telp. 021-741 4482.

Bagi Anda yang ingin mendonasikan bantuannya berupa uang tunai bisa ditransfer ke Rekening Wakaf Tunai :

BSM # 166 0021 212
BNI Syariah # 0270 360 372
Permata Syariah # 0971 144033
CIMB Niaga # 0800 10098 4009
BCA # 1630358007
An. Aksi Cepat Tanggap