Beranda > Sisi Humanis
Community Development

Usai Bagikan Masker, ACT Gelar Pelkes Untuk Warga Korban Erupsi Gunung Sangiang

Usai Bagikan Masker, ACT Gelar Pelkes Untuk Warga Korban Erupsi Gunung Sangiang

BAGI MASKER: Tim relawan ACT dari Bima sedang membagikan masker kepada warga korban erupsi Gunung Sangiang di Desa Tawali, Kec. Wera, Kab. Bima, NTB, Selasa (3/6). (Foto: Muhajir/ACT)

ACTNews, BIMA – Tim DERM-ACT bersama MRI Kabupaten Bima, usai membagikan 1.000 masker  untuk korban terdampak erupsi gunung Sangiang,  Selasa, (3/6) di depan Posko ACT di Jalan Lintas Tawali Sangiang,  Kecamatan Wera, Kabupaten Bima, NTB. Aksi selanjutnya, Tim ACT akan mengadakan pelayanan kesehatan (Pelkes) untuk warga korban erupsi Gunung Sangiang.

“Meskipun kondisi gunung Sangiang saat ini sudah mulai kondusif, namun masyarakat masih memerlukan masker, karena debu pascaerupsi kemarin masih banyak melekat di genteng dan halaman sekitar,”tutur Abdul Malik relawan MRI Bima, juga Kepala Sekolah SMA 1 Wera yang ikut turun langsung membagikan masker kepada warga.

Malik berharap pembagian masker ini adalah yang terakhir kalinya, Ia berharap tidak terjadi lagi erupsi gunung Sangiang sehingga masyarakat dapat beraktivitas secara normal kembali.  

Menurut pengamatan Tim ACT di lapangan, keadaan lingkungan di Kecamatan Wera dan sekitarnya saat ini sudah tampak berjalan normal kembali, meskipun sisa-sisa debu masih banyak melekat di genteng dan atap rumah warga. Namun, tidak menghambat aktivitas warga. Untuk mengantisipasi sisa debu vulkanik sebagian besar masyarakat masih menggunakan masker.

“Alhamdulillah keadaannya saat ini sudah mulai kondusif tidak ada lagi hujan abu, namun setelah kami silaturrahmi dan konsultasi dengan Tim Vulkanologi, kemungkinan erupsi kembali bisa terjadi kembali, kita berdoa hal tersebut tak terjadi,” tutur Ading Fachrudin Tim DERM-ACT.

Ading menuturkan, saat ini tim ACT bersama Puskesmas Wera akan segera mengadakan Pelayanan kesehatan (Pelkes) untuk warga Kecamatan Wera, karena kebutuhan kesehatan warga sangat urgen untuk masyarakat saat ini, karena banyak warga yang terserang penyakit ISPA pasca erupsi. (Muhajir)

----------------

Buktikan kepedulian kita kepada korban bencana alam, dengan langkah nyata memberikan bantuan untuk mereka. Bantuan dapat berupa barang kebutuhan atau donasi yang dapat disalurkan melalui :

BSM # 0040119999

Muamalat # 3040031869

Mandiri # 1010004802482 

BCA # 6760303133

CIMB Syariah # 5280100001006

BRI # 092401000018304

BNI Syariah # 0270360372 

an. Aksi Cepat Tanggap