Beranda > Sisi Humanis
Community Development

Korban Erupsi Gunung Sangiang Mulai Terjangkit ISPA

Korban Erupsi Gunung Sangiang Mulai Terjangkit ISPA

ISPA: Masyarakat yang terdampak letusan gunung Sangiang di Kab Bima, NTB sudah mulai terjangkit ISPA (infeksi saluran pernapasan akut). Masyarakat membutuhkan bantuan masker, obat-obatan, bahan makanan, susu bayi, dll. (foto: antara)  

ACTNews, BIMA – Masyarakat di Kabupaten Bima dan sekitarnya, terutama di Kecamatan Wera, saat ini mulai terserang Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) sebagai dampak dari letusan Gunung Sangiang Api sejak Jumat pekan lalu (30/5).

 “Warga terkena ISPA karena menghirup debu abu vulkanik, saat ini warga sangat membutuhkan masker, meskipun sudah banyak bantuan masker dari berbagai pihak, namun masih belum cukup, banyak warga yang belum kebagian mendapatkan masker,” ujar Muslimat (40), relawan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Bima.

Muslimat menambahkan stok masker di Bima saat ini sudah habis, masyarakat sekitar saat ini berusaha mencari atau membeli masker di luar Kabupaten dan Kota Bima, seperti ke Kabupaten Dompu dan sekitarnya.

Selain membutuhkan Masker, masyarakat terdampak erupsi gunung Sangiang saat ini juga membutuhkan bantuan lainnnya yaitu logistik seperti paket makanan sehar-hari, beras, lauk pauk (ikan teri, Ikan kering, sarden), obat-obatan, P3K, oksigen box, personal hygiene, popok bayi, susu bayi,  air bersih dan air mineral. Masyarakat membutuhkan air bersih dan  mineral karena seluruh mata air dan sumur tercemar debu vulkanik (belerang).

Muslimat menghimbau bagi masyarakat yang ingin membantu warga korban terdampak erupsi gunung Sangiang untuk tidak memberikan bantuan mie instan kepada korban, karena mayoritas warga tidak menyukai mie instan. “Jangan beri bantuan mie instan, lebih baik beri bantuan lauk seperti sarden, ikan kering, ikan teri dan yang lainnnya,” pungkas ibu dua anak ini.

Diding Fachrudin yang biasa akrab disapa Ading dari  Emergency Team DERM-ACT mengungkapkan relawan lokal ACT dan MRI Bima, pascaerupsi langsung bergerak mengevakuasi korban untuk mengungsi, dan membagikan masker kepada masyarakat korban letusan gunung Sangiang.

“Hari ini (Senin, 2/5), tim DERM-ACT dan MRI Bima, akan kembali membagikan masker kepada masyarakat dan menggelar Pelayanan Kesehatan (Pelkes), karena mereka masih sangat membutuhkan masker dan banyak masyarakat yang sudah mulai terjangkit penyakit ISPA,” ungkap Ading. (Muhajir) 

----------------

Buktikan kepedulian kita kepada korban bencana alam, dengan langkah nyata memberikan bantuan untuk mereka. Bantuan dapat berupa barang kebutuhan atau donasi yang dapat disalurkan melalui :

BSM # 0040119999

Muamalat # 3040031869

Mandiri # 1010004802482 

BCA # 6760303133

CIMB Syariah # 5280100001006

BRI # 092401000018304

BNI Syariah # 0270360372 

an. Aksi Cepat Tanggap