Beranda > Sisi Humanis
Community Development

ACT-MRI Menggelar Workshop Jurnalistik Kemanusiaan

ACT-MRI Menggelar Workshop Jurnalistik Kemanusiaan

ANTUSIAS: Peserta yang terdiri para relawan dari berbagai kalangan tampak antusias mengikuti Workshop Jurnalistik Kemanusiaan di kantor ACT Ciputat, Kamis (29/5).  (Foto: Muhajir)
ACTNews, CIPUTAT – ACT berkolaborasi dengan MRI Jakarta Raya menyelenggarakan kegiatan Workshop Jurnalis Kemanusiaan di kantor Kantor Ciputat, Kamis (29/5/2014). Peserta kegiatan ini diikuti para relawan (volunteer) yang tergabung dalam ormas Masyarakat Relawan Indonesia (MRI). Hadir diantaranya para relawan dari kalangan aktivis, pekerja, mahasiswa, bahkan siswa SMA yang ingin berkecimpung dalam dunia tulis menulis.
Para peserta tampak antusias dan semangat mengikuti workshop ini sejak pagi hingga sore hari. “Semangat kegiatan ini dikarenakan agar jurnalis kemanusiaan semakin meningkat dan semakin menyadari betapa pentingnya kepenulisan, “ ujar Iqbal Setyarso, Direktur Global Philanthropy Media (GPM) sebagai pemateri workshop tersebut.
Dalam kegiatan ini, panitia membagi tiga sesi, yaitu sesi Jurnalis Kemanusiaan yang disampaikan oleh Iqbal Setyarso, sesi kedua materi Jurnalistik Islami dan Kiat-kiat Menulis Berita yang disampaikan Sudayat Kosasih sebagai pemateri. Sedangkan sesi ketiga, praktik menulis berita. Semua peserta diberikan tugas untuk menulis berita sesuai dengan topik yang mereka pilih.
Iqbal Setyarso memaparkan tentang Jurnalisme Kepemimpinan. Dalam pemaparannya, Iqbal menjelaskan, lembaga sosial hari ini sudah banyak, hanya yang kurang adalah jurnalis yang mau memberitakan tentang setiap program-program yang telah dilaksanakan.
Sementara itu, pemateri kedua Sudayat Kosasih memaparkan pentingnya para aktivis memiliki wawasan dan teknik Jurnalistik Islami, sebab kegiatan baca tulis ini merupakan kunci perubahan peradaban umat. Ia mencontohkan, betapa para ulama dan ilmuwan terdahulu adalah para penulis yang menghasilkan karya-karya besar. Sebut saja, Ibnu Khaldun yang menulis buku “Mukaddimah”, Ibnu Sina menulis Ilmu Kedokteran, Imam Ghazali yang menulis kitab “Ihya Ulumuddin”, dan lain-lain.
Selain itu, Sudayat memaparkan kiat-kiat menulis berita dari tahapan reportase (liputan) yang memiliki lima tahapan, mulai dari menemukan fakta, peristiwa dan jalan ceritanya, melakukan chek and recheck, memutuskan sudut berita, menentukan lead/intro, lalu menulis berita.
Kegiatan ini dimulai sejak pukul 09.00 sampai dengan pukul 14.30. Sesi terakhir, peserta diharuskan melakukan praktek menulis berita. Kegiatan ini diselenggarakan secara gratis tak ada pemungutan biaya sedikitpun, bahkan peserta disediakan makan siang. Semoga setelah berakhirnya kegiatan ini, bisa melahirkan jurnalis-jurnalis muda yang berbakat dan mau berkontribusi langsung dalam dunia jurnalistik dan media sosial. (Halimah/MRI)
 ----------------
Salurkan Paket Wakaf Pendidikan berbentuk Paket Peralatann Sekolah Anda ke: 
Kantor ACT Ciputat di Perkantoran Ciputat Indah Permai Blok B 8-9, Jl.Ir.H.Juanda No.50 Ciputat Telp. 021-741 4482.
Bagi Anda yang ingin mendonasikan bantuannya berupa uang tunai bisa ditransfer ke Rekening Wakaf Tunai :
BSM # 166 0021 212
BNI Syariah # 0270 360 372
Permata Syariah # 0971 144033
CIMB Niaga # 0800 10098 4009
BCA # 1630358007
An. Aksi Cepat Tanggap