Beranda > Sisi Humanis
Community Development

Gadaikan Surat Tanah Demi Modal Usaha

Gadaikan Surat Tanah Demi Modal Usaha

JALAN BERPASIR: Suasana jalan di kampung masib tebal berpasir pascaerupsi Gunung Kelud. Pasir dan batu juga masih menimbun sawah dan ladang para petan di Kec Puncu, Kab Kediri. (Foto: Dok. ACT)

ACTNews, KEDIRI - Meskipun aktivitas Gunung Kelud sudah kembali normal, namun hal ini masih menyisakan kecemasan bagi warga sekitar yang terkena dampaknya. Tercatat sembagian besar warga lumpuh perekonomiannya karena ladang dan persawahan mereka lumpuh tertutup abu vulkanik.

Hingga saat ini, warga masih harus membangun kembali rumah-rumah mereka yang rusak akibat erupsi Gunung Kelud beberapa bulan lalu. Kondisi mereka, tentu semakin berat karena seiring dengan sumber keuangan yang diperoleh dari menjual hasil kebun mebun dan ladang pertanian mereka, kini lumpuh total.

Alhasil, banyak dari warga setempat yang mengambil jalan pintas. Mereka terpaksa harus menggadaikan surat-surat berharga seperti BPKB kendaraan hingga surat tanah demi mendapatkan dana segar untuk modal usaha dan pembangunan rumah yang rusak parah akibat erupsi Gunung Kelud.

"Warga merasa, mungkin ini adalah satu-satunya cara yang cepat untuk mendapatkan dana sebagai modal membangun rumah yang rusak hingga untuk membeli bibit tanaman dan pupuk," ungkap Ari, warga Puncu.

Informasi yang diperoleh ACT,  warga yang menggadaikan surat berharga mendapatkan penangguhan pembayaran angsuran dalam beberapa tahun ke depan hingga kondisi perekonomian mereka kembali pulih seperti sedia kala. (Banyu ES)

-------------

Salurkan Paket Wakaf Pendidikan berbentuk Paket Peralatann Sekolah Anda ke: 
Kantor ACT Ciputat di Perkantoran Ciputat Indah Permai Blok B 8-9, Jl.Ir.H.Juanda No.50 Ciputat Telp. 021-741 4482.

Bagi Anda yang ingin mendonasikan bantuannya berupa uang tunai bisa ditransfer ke Rekening Wakaf Tunai :

BSM # 166 0021 212
BNI Syariah # 0270 360 372
Permata Syariah # 0971 144033
CIMB Niaga # 0800 10098 4009
BCA # 1630358007
An. Aksi Cepat Tanggap