Beranda > Sisi Humanis
Community Development

Rizka: Dunia Relawan Menjadi Semangat Hidupku

Rizka: Dunia Relawan Menjadi Semangat Hidupku

Banyak suka-duka menjadi seorang relawan. Pilihan menjadi relawan adalah pilihan yang tepat bagiku. Kaya pengalaman berinteraksi dengan masyarakat dengan beragam latar belakang suku dan bahasa. Namun, dunia relawan menjadi semangat hidupku.

Salah satu Lembaga Kemanusiaan Global (NGO), yaitu Aksi Cepat Tanggap  (ACT), membuka lowongan untuk relawan fasilitator. Saat itu divisi pengembangan masyarakat (Community Development) memberikan ketrampilan melalui program Jakarta Green And Clean (JGC), program ini bermitra dengan PT. Unilever Indonesia Tbk. Sumber dana program ini berasal dari donasi kegiatan sosial melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Unilever Indonesia.

Dunia sosial adalah salah satu passion saya, terutama dunia kemanusiaan. Pada 2013, tepatnya bulan Juni, saya mendaftarkan diri untuk menjadi relawan fasilitator program. Tahap demi tahap penyeleksian relawan saya lalui. Di akhir tahap penyeleksian, diumumkan bahwa saya lolos untuk menjadi relawan fasilitator. Saat itu saya diamanahi untuk menjadi koodinator wilayah (korwil) Jakarta Timur, dengan jumlah 25 wilayah garapan yanga menjadi sasaran/area program ACT.

Banyak suka duka yang saya lalui selama menjadi realawan. Meski dukanya yang lebih banyak saya dapatkan terutama ketika di lapangan. Namun, hal itu justru saya jadikan motivasi dan pengalaman yang luar biasa. Banyak hal yang saya petik, salah satunya adalah bagaimana cara kita berkomunikasi secara langsung dengan masyarakat setempat, dengan bermacam-macam latar belakang dan pola fikir yang berbeda- beda.

Di situlah, saya banyak mendapat pengalaman. Saya berusahamenjadi fasilitator yang baik dan bersikap netral, tidak memihak masyarakat ataupun pihak manajeman ACT. Namun, aspirasi atau keinginan masyarakat tersampaikan ke pihak manajeman ACT.  Dunia relawan menjadi semangat hidupku. (dyt)

-----------------------

Buktikan kepedulian kita kepada korban bencana alam, dengan langkah nyata memberikan bantuan untuk mereka. Bantuan dapat berupa barang kebutuhan atau donasi yang dapat disalurkan melalui :

BSM # 0040119999

Muamalat # 3040031869

Mandiri # 1010004802482 

BCA # 6760303133

CIMB Syariah # 5280100001006

BRI # 092401000018304

BNI Syariah # 0270360372 

an. Aksi Cepat Tanggap