Beranda > Sisi Humanis
Community Development

ACT Bantu Toren Warga Korban Kelud

ACT Bantu Toren Warga Korban Kelud

KRISIS AIR : Warga Kecamatan Puncu, Kab Kediri kesulitan air bersih. Warga hanya mengandalkan air hujan untuk keperluan sehari-hari. (Foto: Erwin)


ACTNews, KEDIRI - Krisis air yang melanda wilayah sekitar Gunung Kelud sudah semakin meresahkan warga. Hal ini disebabkan oleh pipa-pipa aliran air yang terhubung langsung ke hulu sudah tersumbat oleh pasir yang turun akibat air hujan pasca erupsi gunung Kelud.

Pantauan ACT, seperti yang terjadi di Desa Laharpang, Kecamatan Puncu. Menurut keterangan warga sekitar, kekeringan pernah terjadi hingga 10 hari yang menyebabkan warga hanya mengandalkan air hujan untuk mendapatkan air bersih.

"Warga di sini terpaksa menadahkan curah air hujan untuk keperluan air bersih sehari-hari. Karena mereka kebanyakan tidak punya kendaraan untuk mendapatkan air di kota. Sedangkan jumlah toren masih belum mencukupi kuantitas kebutuhan warga akan air bersih" ungkap Yulianto kepada ACTNews, di Puncu, Selasa kemarin (27/5).

Dampak yang ditimbulkan dari erupsi gunung kelud beberapa bulan lalu ternyata masih dialami oleh warga sekitar  hingga saat ini. Tercatat di beberapa desa seperti Desa Puncu dan Desa Manggis, Kec. Puncu mengalami kesulitan air bersih disebabkan oleh pasir pasca  yang menyumbat pipa-pipa aliran langsung dari gunung.

Tanggap terhadap krisis air tersebut, Aksi Cepat Tanggap (ACT) mendistribusikan toren (penampung air ) demi memudahkan warga sekitar untuk mendapatkan air bersih. Bantuan toren diserahkan langsung Ahmad Rifai, kordinator lapangan Disaster Emergency Relief Management (DERM) – ACT.

“Keputusan untuk mendistribusikan bantuan toren mengacu pada keadaan sekitar yang masih kesulitan air bersih. Warga di sini sampai harus pergi ke kota yang jaraknya hingga berpuluh kilometer  demi mendapatkan air bersih, dan kami memutuskan untuk distribusi toren agar warga lebih mudah mendapatkan air bersih," ujarnya.

Hingga saat ini, ACT sudah mendistribusikan toren di lima titik di wilayah sekitar Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri. Kemungkinan akan ditambah jika kondisi di lapangan sangat mendesak untuk penambahan jumlah torennya. (Banyu ES)

---------------------


Salurkan Paket Wakaf Pendidikan berbentuk Paket Peralatann Sekolah Anda ke: 
Kantor ACT Ciputat di Perkantoran Ciputat Indah Permai Blok B 8-9, Jl.Ir.H.Juanda No.50 Ciputat Telp. 021-741 4482.

Bagi Anda yang ingin mendonasikan bantuannya berupa uang tunai bisa ditransfer ke Rekening Wakaf Tunai :

BSM # 166 0021 212
BNI Syariah # 0270 360 372
Permata Syariah # 0971 144033
CIMB Niaga # 0800 10098 4009
BCA # 1630358007
An. Aksi Cepat Tanggap