Beranda > Berita Terbaru
#IndonesiaDaruratBencana

Pasuruan Banjir Lagi, Pantura Lumpuh Lagi

26 Jan 2017
Pasuruan Banjir Lagi, Pantura Lumpuh Lagi

ACTNews, PASURUAN - Rupanya cerita banjir masih berlanjut di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Dalam beberapa pekan terakhir, sudah berkali-kali limpahan Sungai Welang meluap dan membanjiri beberapa kecamatan di Kabupaten Pasuruan. Tidak hanya pemukiman warga yang tenggelam, banjir di Pasuruan juga menyebabkan kelumpuhan total di jalur Pantai Utara (Pantura) Pasuruan.

Rabu subuh (25/1) jalan utama penghubung lintasan Surbaya-Bali itu pun sempat tidak bisa dilewati sama sekali. Air banjir menggenang jalan utama Pantura setinggi 30-50 centimeter. Banjir datang lagi, pantura lumpuh lagi, kemacetan parah sudah pasti terjadi.

Episode banjir Pasuruan yang kesekian kali dalam sebulan terakhir ini bermula di Rabu dinihari (25/1). Hujan lebat selalu terjadi menjelang malam sampai dinihari. Limpahan hujan itu mengisi jalur Sungai Welang yang berhulu di pesisir Pasuruan. Karena letak Pasuruan yang berada di hulu dan lebih rendah dibandingkan daerah lainnya, aliran Sungai Welang lagi-lagi meluap. Luapannya lari ke Jalur Pantura, Rabu (25/1) jalur Pantura Pasuruan sempat ditutup total selama tujuh jam, sejak pukul 23.00 WIB sampai dengan pukul 06.00 pagi kemarin

Berapa kali sudah Pasuruan banjir selama bulan Januari ini saja? Jika tak meleset, hitungan jumlah episode banjir di Pasuruan sejak bulan Januari mencapai empat kali berturut-turut!

Episode keempat banjir Pasuruan di pekan terakhir Januari ini juga menerjang wilayah pemukiman di Kelurahan Karangketug, Kecamatan Gadingreji, dan Kelurahan Tambakrejo, Kecamatan Kraton. Sejak Rabu malam, petugas PLN pun sampai mematikan aliran listrik atas demi mencegah terjadinya korsleting. Dalam gelap, beberapa keluarga korban banjir terlihat mengungsi di tepian trotoar Pantura selagi menunggu genangan banjir surut.  

Sudah 24 jam sejak banjir pertama kali meluap, rupanya sampai Kamis pagi ini (26/1) banjir belum juga surut. Laporan relawan Aksi Cepat Tanggap di Kabupaten Pasuruan mengatakan, kiriman air dari wilayah selatan masih membuat debit Sungai Welang melebihi kapasitasnya. Kondisi terkini pagi tadi banjir di Pasuruan masih merendam Kecamatan Kraton, di pemukiman warga air banjir setinggi 30cm sampai 50cm belum juga surut. []

Penulis: Shulhan Syamsur Rijal
Sumber foto: dokumentasi relawan Pasuruan, okezone