Beranda > Berita Terbaru
Global Qurban

"Qurban Bahagiakan Semua" (1): Peningkatan yang Signifikan

30 Jan 2017

Muhajir Arif Rahmani | Global Philanthropy Media

 
SETIAP tahun umat Islam dipanggil Allah untuk melaksanakan ibadah haji, di saat yang bersamaan umat Islam seluruh dunia juga dianjurkan untuk melaksanakan amal ibadah yang berhubungan dengan Idul Adha yaitu berkurban.
 
Kesadaran umat Islam di Indonesia terhadap pelaksanaan ibadah kurban ini, terus mengalami peningkatan. Hal itu bisa dilihat dari partisipasi umat Islam Indonesia dalam menunaikan ibadah kurbannya melalui Program Global Qurban/GQ-ACT. Jumlah pekurban di GQ-ACT setiap tahunnya mengalami peningkatan, hal tersebut bisa dilihat dari jumlah hewan kurban di Program GQ-ACT, yang terus mengalami peningkatan signifikan.   

Di tahun 2012 GQ-ACT mendistribusikan 2.580 ekor setara kambing, tahun 2013 mendistribusikan  3.508 ekor, tahun 2014 mendistribusikan 5008 ekor, tahun 2015 mendistribusikan 10.526 ekor dan di tahun  2016 mendistribusikan 16.574 ekor.

Setiap tahunnya mengalami peningkatan dengan pertumbuhan: di tahun 2013 berjumlah 35,97 persen, tahun 2014 berjumlah 42,76 persen, tahun 2015 berjumlah 112,16 persen dan di tahun 2016 berjumlah 55,99 persen.    
 
Selain mengalami peningkatan dari sisi jumlah hewan kurbannya, jumlah pemetik manfaat dari program ini pun mengalami peningkatan pula. Ketika di tahun 2012 lalu hanya berjumlah 129.000 pemetik manfaat, di tahun 2016 mengalami peningkatan yang cukup besar dengan jumlah 1.442.290 pemetik manfaat.
 
GQ merupakan program kurban yang digagas ACT sejak tahun 2011, yang sebenarnya di tahun 2008 sebelum diberi nama/brand Global Qurban (GQ), program kurban ACT ini sudah mulai berjalan. Kini GQ sudah menjadi ikon kepedulian umat Islam kepada dunia melalui instrumen ibadah kurbannya.
 
Sebagai ibadah kurban yang memiliki dimensi ekonomi, memberi peluang lembaga ini untuk melakukan strategi berkurban yang tak hanya karitatif, tetapi juga ekonomi produktif. Inilah yang kemudian mendorong munculnya  Program GQ yang menggarap aktivitas berkurban dari hulu sampai hilir.
 
Saat ini di sektor hulu memunculkan Program Lumbung Ternak Masyarakat (LTM), sementara sektor hilir GQ yang di tahun 2012 hanya merambah 5 negara, di tahun ini Program GQ akan merambah 41 negara sasaran distribusi, yang sebelumnya di tahun 2016 merambah 27 negara.  
 
GQ telah mengantar amanah kurban ke lokasi-lokasi bencana, wilayah miskin serta rawan pangan di pelosok nusantara, hingga masyarakat yang terancam kelaparan dan korban konflik kemanusiaan di mancanegara, seperti: di Palestina, Suriah, Somalia, Afrika Tengah, Yordania, Myanmar, Filipina, Laos, Vietnam, Bangladesh, Kamerun, Srilanka, Thailand, Kamboja, Timor Leste, Tiongkok, dan negara-negara lainnya.

Bersambung…