Beranda > Berita Terbaru
ACT Medan

Ribuan Seragam Sekolah Baru, Dari Pidie Jaya, Medan, sampai Sinabung

03 Feb 2017
Ribuan Seragam Sekolah Baru, Dari Pidie Jaya, Medan, sampai Sinabung

ACTNews, MEDAN - Setelah beberapa waktu yang lalu menyambangi korban gempa Pidie Jaya Aceh, kini Aksi 1000 Seragam Sekolah untuk Negeri kembali hadir di Deli Serdang, Medan, dan sekitarnya. Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sumatera Utara bersama dengan ACT cabang Medan mempelopori aksi ini.  

Inisiasi aksi ini tak akan berjalan tanpa dibantu oleh seorang mitra, Ir H Slamet menitipkan amanahnya lebih dari ribuan celana seragam sekolah dasar melalui ACT cabang Medan. Aksi yang diberi nama Roadshow Bahagia Berbagi ini masih terus berlanjut.

Aksi ini bukan aksi bagi-bagi biasa, terlebih targetnya adalah anak-anak. Maka aksi harus dikemas melalui acara yang fun. Para punggawa dari MRI Sumatera Utara pun harus berperan layaknya guru saat mencoba melakukan sesi sosialisasi tentang "kepedulian” dan memberi motivasi belajar kepada anak-anak Sekolah Dasar.

Akhir Januari kemarin, Selasa (31/1), SD Generasi Bangsa di Jl. Rawe 4 Pasar 6 Martubung Kota Medan menjadi tempat riuhnya gelak tawa riang para siswa. Rini Boru Manulang, seorang relawan MRI Sumatera Utara bersama relawan lain mengajak mereka bercengkrama, menyalurkan ide dan semangat belajar.

Sesi yang paling mereka senangi adalah kuis, siapa berhasil menjawab pertanyaan akan mendapatkan hadiah berupa seragam baru. Antusiasme para murid begitu tampak dalam sesi ini. Sungguh lucu, melihat ekspresi bahagia mereka.

Mereka bukan sekadar berebut hadiah, ada persaingan berlomba menunjukkan jawaban terbaik. Mereka berlomba dalam kebaikan. Sampai akhirnya, seluruh anak mendapatkan seragam gratis, apresiasi kecil atas semangat mereka semua mengacung-ngacungkan jari.

“Aksi berbagi seragam sekolah tentu membantu murid di sekolah ini. Kebanyakan mereka berasal dari kalangan kurang mampu. Selain itu, kami guru-guru terbantu, ada pemantik motivasi belajar dan akhlak baik kepada murid-murid kami," tutur Muhammad Ashril Jamili, salah seorang guru SD Generasi Bangsa.

Aksi tebar 1000 seragam sekolah gratis ini merupakan kali keempat dilakukan di kota Medan. Sebelumnya, aksi dilakukan di kawasan Bagan Belawan, yakni di SDN 06490 dan SD Amal Bakti Mabar. Aksi juga telah berlangsung di SD 104209 Saentis, Deli serdang, Sumatera Utara.

Pada hakikatnya amalan terbaik adalah amalan dilakukan secara berkesinambungan, seberapa besar jumlahnya tak jadi hitungan. Manfaat yang didapatkan juga bisa berlanjut dan bertebar luas. Aksi tebar 1000 seragam gratis berikutnya masih menyimpan agenda menyapa anak-anak sekolah dasar di wilayah lain sekitar Provinsi Sumatera Utara.

Sesuai rencana, seragam sekolah gratis akan segera menyapa pengungsi anak-anak Sinabung. In shaa Allah akan dilaksanakan ACT dan MRI Sumatera Utara di akhir pekan pertama Februari.

Tidak hanya membantu mereka yang membutuhkan, seragam gratis bermakna lebih, ada hadiah untuk menunjang mereka belajar. Bisa kita bayangkan, betapa polosnya senyum mereka dengan seragam sekolah barunya. Yang kucel dan kumal berubah warna, sudah diganti dengan seragam baru berwarna terang. Seragam baru, semangat baru untuk mereka. []

Penulis: Tsurayya Fajri Islami