Beranda > Berita Terbaru
Kolom

"Qurban Bahagiakan Semua" (3), LTM, jaga Stok Hewan Berkualitas dengan Pemberdayaan Masyarakat

09 Feb 2017

Muhajir Arif Rahmani | Senior Editor Direktorat Komunikasi ACT

 
HADIRNYA Program Global Qurban/GQ yang digagas Aksi Cepat Tanggap/ACT memberikan jawaban yang konkret terhadap solusi keumatan dan kemanusiaan. Karena ibadah kurban dalam Islam merupakan salahsatu bentuk ibadah berdimensi sosial dan kemanusiaan. Di dalamnya tercermin bentuk tanggung jawab sosial masyarakat Muslim kepada sesamanya. Dengan ibadah kurban terjadi pengokohan manusia sebagai makhluk sosial, karena kurban pastilah ditujukan untuk orang lain. Selain itu kurban  juga melatih kesucian jiwa, kepekaan dan kepedulian  sosial.
 
Dengan demikian, kurban menjadi sarana yang efektif untuk membangkitkan solidaritas kemanusiaan. Kurban juga bisa menjadi sarana untuk membangun dan mengokohkan persaudaraan antar sesama. Karena itu, kurban sebagai ibadah sosial bisa menjadi solusi untuk membantu membangun harmoni kemanusiaan, mengatasi problem kemanusiaan yang melanda umat manusia berupa kemiskinan, konflik, bencana alam, ketidakadilan, keserakahan, kesenjangan dan berbagai permasalahan kemanusiaan lainya.
 
Program GQ merupakan program kurban yang dijalankan ACT secara profesional yang  sangat strategis dalam pelaksanaannya, bisa dirasakan oleh umat manfaatnya, yang menyasar kepada umat yang memang benar-benar membutuhkan, sehingga sebaran GQ-ACT berjalan tepat sasaran.   
 
Program GQ-ACT menyasar dari hulu ke hilir yang keseluruhannnya melibatkan masyarakat. Sejak dimulai dari proses pengadaan hewan kurbannnya yang berkualitas, distribusi hewan kurban yang tepat sasaran, hingga pelaporan pelaksanaan kurban.
 
Menyiapkan hewan kurban adalah tahapan awal yang menjadi salahsatu kunci sukses pelaksanaan kurban. GQ-ACT menggandeng masyarakat dalam penyediaan hewan kurban dengan pola pemberdayaan yang menguntungkan, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Meskipun demikian GQ-ACT tetap mengutamakan kualitas hewan kurban, yakni harus memenuhi syarat secara syariah maupun kesehatan sehingga layak dijadikan sebagai hewan kurban.
 
Untuk penyediaan hewan kurban yang berkualitas GQ-ACT menggelar Program Lumbung Ternak Masyarakat/LTM di beberapa daerah. diantaranya: LTM di Blora - Jawa Tengah, LTM di Yogyakarta, LTM di  Bojonegoro - Jawa Timur, LTM di Tasikmalaya - Jawa Barat, dan LTM di Nusa Tenggara Barat.
 
Program LTM ini untuk mensukseskan Program GQ-ACT dengan mempersiapkan stok hewan kurban yang berkualitas. Karena suksesnya kurban didukung salahsatunya dengan manajemen stok.  Dengan manajemen stok, menjamin pengadaan hewan kurban tak mengikuti fluktuasi harga pasar, yang kerap lebih banyak naiknya disetiap kali momen kurban setiap tahunnya. Maka, dititik ini, terjadi perjumpaan kepentingan mutualistis antara GQ-ACT dengan peternak.
 
GQ-ACT menggelar Program ini selain mempersiapkan stok hewan kurban yang berkualitas juga mempunyai misi untuk mendorong masyarakat agar mampu mengelola dan mengembangkan potensi ekonomi lokal, agar dapat bangkit dari kesulitan ekonomi. Program LTM dilaksanakan di lokasi yang memiliki potensi sumberdaya sesuai dengan kebutuhan program, yaitu hewan ternak (kambing dan sapi) serta sumber pakan.

Bersambung…