Beranda > Berita Terbaru
Emergency Response

Paket Sedekah Pangan untuk Korban Banjir Bandang

13 Feb 2017
Paket Sedekah Pangan untuk Korban Banjir Bandang

ACTNews, PANDEGLANG – Hujan yang terus turun selama beberapa hari ini, menimbulkan bencana banjir bandang serentak dibeberapa wilayah di Indonesia, diantaranya: di Kota Bitung - Sulawesi Utara, di Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak -  Banten dan wilayah lainnya di Indonesia.     

Pada Kamis (5/2), terjadi bencana banjir bandang  di 14 kecamatan di Kabupaten Lebak- Banten akibat meluapnya Sungai Ciliman dan anak anak-anak sungainya, sebanyak 5.232 rumah terendam banjir. 

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, 14 kecamatan yang terendam banjir tersebut antara lain Kecamatan Banjarsari, Gunungkencana, Cijaku, Leuwidamar, Wanasalam, Bayah, Cigenblong, Lebakgedong, Cirinten, Cihara, Malingping, Kalanganyar, Cimarga, dan Sobang.
 
"Sebanyak 1.561 rumah terendam banjir. Daerah yang paling parah terendam banjir adalah Kecamatan Banjarsari sebanyak 444 rumah, Leuwidamar 526 rumah, dan Cijaku 227 rumah," jelasnya.
 
Dalam waktu yang hampir bersamaan, banjir juga melanda 13 kecamatan di Kabupaten Pandeglang sejak Kamis (9/2) pukul 08.00 WIB. 13 kecamatan tersebut antara lain Kecamatan Munjul, Panimbang, Sobang, Cikeusik, Angsana, Sindangresmi, Sukaresmi, Pagelaran, Patia, Picung, Saketi, Labuan, dan Carita.
 
Data sementara dari BPBD Pandeglang sebanyak 3.671 rumah terendam banjir dengan jumlah penduduk terdampak sebanyak 9.611 jiwa atau 3.671 KK. Selain itu, banjir juga merendam ribuan hektar lahan pertanian sehingga menyebabkan aktivitas warga yang sehari-hari bertani lumpuh. Para korban saat ini mengungsi di masjid maupun dan kantor desa.
 
Tim Tanggap Bencana-ACT terjun ke lokasi bencana melakukan aksi bersih-bersih pasca-banjir bandang dan mendistribusikan bantuan natura kepada korban.
 
Menurut Kusmayadi, Komandan Tim Tanggap Bencana-ACT, Timnya dari Jumat - Minggu (10-12/2/2017) telah mendistribusikan bantuan kebutuhan pokok, berupa sembako yang merupakan paket sedekah pangan (implementasi dari  Program Sedekah Pangan-ACT) di Kampung Beber, Desa Cihujan, Kecamatan Cijaku - Kabupaten Lebak.  Selain itu, Tim Tanggap Bencana-ACT juga, mendistribusikan bantuan pakaian layak pakai, personal hygine, dan kebutuhan pengungsi lainnya.
 
“Saat ini warga korban banjir sangat membutuhkan bantuan berupa suplai makanan siap santap, sembako, air mineral, personal hygine, obat-obatan, pakaian hangat, popok bayi, pembalut wanita, dan kebutuhan sehari-hari lainnya,”pungkasnya.

Kusmayadi menambahkan Timnya kini telah mempersiapkan aksi untuk pemulihan korban banjir bandang di masa recovery, yang rencananya akan segera digelar layanan kesehatan cuma-cuma untuk para korban.[]

Penulis: Muhajir Arif Rahmani
Foto: Kusmayadi