Beranda > Berita Terbaru
ACT Yogyakarta

"Rumah Belajar Gadjah Wong", Gairahkan Semangat Belajar Anak Bantaran Kali

13 Feb 2017

ACTNews, YOGYAKARTA – Tim Program ACT Yogyakarta terus mengembangkan program community development/comdev-nya untuk masyarakat Yogyakarta, terutama dalam pengembangan di dunia pendidikan untuk anak-anak pra-sejahtera .          
 
Seperti yang digelar pada Minggu (12/2), ACT Yogyakarta secara resmi meluncurkan Rumah Belajar Gadjah Wong sebagai salahsatu implementasi dari Program Beasiswa Bintang Indonesia.
 
Rangkaian kegiatan launching tersebut bertempat di kediaman Retno, Ponggalan, Giwangan, Umbul Harjo, Yogyakarta. Belasan anak-anak penerima manfaat beserta orang tua yang merupakan penduduk bantaran kali Gadjah Wong ini terlibat aktif dalam acara tersebut.
 
Meski cuaca mendung, acara berlangsung dengan penuh dengan keceriaan. Acara dimulai dengan doa dilanjutkan dengan hapalan surat Al-Ghosiyah oleh Dino. Berikutnya anak-anak diajak untuk meningkatkan kreativitas dan melatih kekompakan tim dalam lomba menghias kue. Untuk ibu-ibu diadakan demo memasak sehat oleh Chef Bee, salah seorang relawan MRI.
 
Semangat dan antusias tampak jelas di wajah dan kegesitan anak-anak cerdas itu. Canda tawa pun tidak jarang menyeruak di tengah peluh yang mengucur demi menjadi juara. Semakin tinggi peringkat, semakin banyak hadiah yang menanti. “Seneng, ada hadiah. Pengen lagi”, ujar Faiz, pelajar kelas 4 SD Kotagede.
 
“Rumah Belajar Gadjah Wong  ini memiliki tiga kegiatan utama, yaitu bimbingan akademis, mengaji, dan pengembangan softskill. Setiap bulan diadakan kegiatan pembinaan oleh para relawan MRI Yogyakarta yang bulan ini dalam bentuk cooking class,”papar Risa Umami Nk, selaku penanggung jawab Program ACT Yogyakarta.
 
Retno selaku penanggung jawab Rumah Belajar Gadjah Wong, sangat berharapkan acara ini dapat dipertahankan dan diperluas cakupannya. “ Saya berharap agar program ini naik menjadi tingkat RW mengingat saat ini baru tingkat RT. Semoga semakin banyak relawan yang bersedia mengajar di rumah belajar ini,” pungkas Retno.
 
Pendampingan Rumah Belajar Gadjah Wong ini juga melibatkan para relawan dari MRI Yogyakarta yang menjadi mitra  ACT Yogyakarta dalam implementasi program ini.    
 
“Bahagia sekali kami dapat terlibat dalam acara ini. Semoga acara ini mampu membangitkan semangat adik-adik dalam menggapai cita-citanya,”tutur Ifa, salah seorang relawan MRI Yogyakarta. [] 

Penulis: Alifaturrohmah
Editor : Onny Leo