Beranda > Berita Terbaru
ACT Aceh

Program Sedekah Pangan untuk Penjaga Pasien Pra-Sejahtera

18 Feb 2017
Program Sedekah Pangan untuk Penjaga Pasien Pra-Sejahtera

ACTNews, BANDA ACEH – Setelah sukses mendistribusikan ratusan paket nasi kepada para pahlawan kebersihan di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) di Gampong Jawa, Kecamatan Kuta Raja, Banda Aceh, pada Jumat (3/2) lalu. ACT Aceh-MRI Banda Aceh kembali menggelar aksi serupa, pada Jumat (17/2). Aksi kali ini ditujukan untuk para keluarga pendamping pasien yang sedang berobat di rumah sakit, dikhususkan bagi keluarga pasien yang kurang mampu (pra-sejahtera). Aksi ini merupakan bagian implementasi dari Program Sedekah Pangan-ACT.
   
Implementasi ini dilakukan dengan membagikan puluhan kupon makan siang gratis, bagi para keluarga pasien kurang mampu yang sedang berobat di Rumah Sakit Umum Daerah/RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh, bersinergi dengan warung makan terdekat dikawasan tersebut.
 
Menurut Laila Khalidah, Koordinator Program ACT Aceh aksi ini digelar bertujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dan mengasah rasa peduli terhadap sesama. Penerima manfaat (beneficiaries)-nya selain masyarakat yang berdomisili di Banda Aceh juga masyarakat luar Banda Aceh, seperti Bireuen, Lhokseumawe, Pidie, Idi, dan daerah lain yang sementara  menetap di Banda Aceh, karena anggota keluarganya yang dirawat inap di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh.
 
“Aksi kami ini dilakukan di tiga titik yaitu Rumah Makan Mulia Minang, Rumah Singgah Blood For Life Foundation dan Rumah Harapan Indonesia. Tim Program Sedekah Pangan yang terdiri dari Tim ACT dan relawan MRI Banda Aceh ini, membagi 3 Tim dalam implementasi Program nya,”terangnya.  
 
Eliana salahsatu relawan MRI Banda Aceh sangat menikmati menjalankan program ini, Ia merasakan haru ketika mendistribusikan paket nasi kotak kepada para keluarga pasien yang sedang membesuk keluarganya di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh.
 
"Saya sungguh terharu ketika sempat bicara dengan Pak Ahmad, yang datang menukarkan voucher yang dibagikan ACT dengan paket makan siangnya. Ia mengatakan sangat berterimakasih dengan adanya program ini, karena terkadang keluarganya hanya mampu membeli 3 bungkus nasi untuk dimakan berlima, saat menjaga salahsatu keluarganya yang terkena post op bedah saraf pasca-kecelakaan lalu lintas dan saat ini masih belum sadarkan diri. Beliau mengucapkan terimakasih dengan mata berkaca-kaca,"tuturnya.  
 
Selain mendistribusikan ratusan paket makanan siap santap, Tim ACT Aceh dan MRI Banda Aceh juga mendistribusikan sejumlah paket sembako di wilayah yaitu: di Rumah Harapan Indonesia/RHI dan di Blood For Life Foundation/BFLF. Keduanya merupakan rumah singgah bagi para keluarga pendamping pasien rumah sakit yang datang dari luar Banda Aceh yang berobat ke RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh, dengan riwayat penyakit parah serta berasal dari keluarga yang kurang mampu.
 
RHI lebih berfokus pada pasien anak - anak, sementara BFLF menampung keluarga pasien anak-anak dan orang dewasa. Para pengelola kedua rumah singgah tersebut menyambut baik kedatangan Tim ACT - MRI ke tempat mereka dan terlibat diskusi hangat.
 
"Antusiasme dan respon positif masyarakat yang kita dapatkan dilapangan Aksi, sangat efektif menjadi 'bahan bakar' semangat bagi kita untuk terus melakukan dan memperbanyak aksi membantu sebanyak mungkin masyarakat yang membutuhkan. kedepannya insyaallah sinergi ACT - MRI ini akan terus berlanjut dan semakin aktif melakukan aksi-aksi kemanusiaan membantu masyarakat. Aksi hari ini, adalah karena kita percaya bahwa selain pasien yang butuh pengobatan, keluarga pasien juga butuh dikuatkan" ujar Laila Khalidah.
 
Husaini Ismail, Selaku Kepala Cabang ACT Aceh juga sempat mengatakan bahwa aksi timnya ini, merupakan bentuk kepedulian ACT kepada masyarakat kurang mampu. Ia bertekad akan terus menambah frekwensi implementasi program ini.  
 
"Program Aksi sedekah pangan kali ini adalah bentuk kepedulian ACT dan MRI kepada masyarakat yang kurang mampu dan untuk kedepannya kami akan terus memperbanyak program - program kemanusiaan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan,"tekadnya.

Jangan pernah berhenti peduli, jangan pernah berhenti berbuat kebaikan. Karena kebaikan yang mungkin kita anggap kecilpun, sungguh bisa sangat besar manfaatnya bagi mereka yang membutuhkan. Karena Peduli adalah Solusi…! []

Penulis: Nurhanifah & Khalidah
Editor: Muhajir Arif Rahmani