Beranda > Berita Terbaru
#IndonesiaDaruratBencana

Setengah Wilayah Jakarta Dikepung Banjir

21 Feb 2017
Setengah Wilayah Jakarta Dikepung Banjir

ACTNews, JAKARTA - Hujan lebat sudah membangunkan Jakarta sedari Subuh tadi, Selasa (21/2). Bahkan di beberapa titik Jakarta, hujan sudah datang sejak dinihari. Berjam-jam hujan lokal membasahi Jakarta, imbasnya Selasa pagi, setengah wilayah Jakarta lumpuh karena banjir.

Genangan banjir menyebar luas di sejumlah wilayah. Mulai dari Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, sampai sebagian Jakarta Utara.

Laporan yang dihimpun dari TMC Polda Metro Jaya, ketinggian banjir di sejumlah ruas jalan di Jakarta memicu kemacetan panjang sejak pagi tadi. Sampai pukul 10.30 WIB banjir memicu kemacetan cukup parah di wilayah depan Trisakti (ketinggian air 20 sampai 30 centimeter). Kemudian macet parah karena banjir juga terjadi di depan Universitas Kristen Indonesia (UKI) Cawang dengan rata-rata ketinggian air banjir 30 centimeter.

Dari wilayah Jakarta Pusat, banjir juga merendam ruas-ruas jalan utama yang biasa dipadati kendaraan pekerja komuter dari wilayah luar Jakarta. Genangan banjir setinggi 10 sampai 60 centimeter merendam ruas jalan MH. Thamrin tepatnya di depan Sarinah. Kemudian banjir juga terjad di Jl. Ahmad Yani, Jl. Kwitang Raya, Jl. Percetakan Negara, Jl. Senen Raya, Jl. Medan Merdeka Barat, Jl. Medan Merdeka, Jl. Letjend Suprapto, Jl. Batu (depan stasiun Gambir).

Untuk wilayah Jakarta Barat, banjir setinggi 20 centimeter juga merendam Jl. Daan Mogot, Jl. Kedoya, Jl. Panjang, dan Jl. Satria Jelambar Grogol, Jl. Kyai Tapa depan Trisakti, Jl Roxy arah ke Season City, Jl. S.Parman depan Universitas Tarumanegara.

Kemudian di Jakarta Timur ruas jalan Matraman Raya pun terendam banjir setinggi 30 centimeter. Juga di jalan Raya Bekasi depan Pasar Cakung.

Lalu di Jakarta Selatan genangan banjir memicu kemacetan di Jalan Fatmawati dan Jalan H. Ipin Pondok Labu, Sementara di Jakarta Utara banjir dilaporkan menggenangi Jl. Yos Sudarso, Jl. Kapuk Muara, dan Jl. Boulevard Artha Gading di depan Mall Artha Gading.

Sampai tulisan ini diturunkan, ruas jalan yang tergenang banjir belum juga surut. Masalah drainase Jakarta yang tak juga kunjung beres memicu genangan banjir lama surutnya. Terlebih melihat ke langit cuaca mendung di atas Jakarta tampaknya tetap bertahan sampai sore nanti.

Tim Aksi Cepat Tanggap respons bencana banjir Jakarta sudah bergerak sejak pagi tadi. Mobil 4WD bergardan ganda mengangkut relawan dan perahu karet sudah diterjunkan ke pemukiman yang diterjang banjir. Beberapa pemukiman warga yang kebanjiran diantaranya Kramatdjati Jakarta Timur, juga Cakung, Rawamangun, Ciipinang Melayu. []

Penulis: Shulhan Syamsur Rijal
Sumber gambar: Tempo