Beranda > Berita Terbaru
#IndonesiaDaruratBencana

Banjir Mengepung Jakarta, Ribuan Rumah Tenggelam

21 Feb 2017
Banjir Mengepung Jakarta, Ribuan Rumah Tenggelam

ACTNews, JAKARTA - Jakarta terbangun di Selasa pagi (21/2) dengan kondisi basah kuyup dan kepanikan di antara derasnya hujan. Sejak dinihari tadi, awan hujan betah bercokol di atas langit Jakarta. Imbasnya bukan main, sekali lagi Ibukota dibuat lumpuh karena banjir. Jakarta banjir membuat urusan perkantoran di Selasa pagi (21/2) molor sampai siang. Kemacetan parah terjadi di banyak ruas jalan yang terendam banjir, dari Jakarta Barat ke Timur, dari Jakarta Selatan ke Jakarta Pusat sampai Jakarta Utara.

Bahkan Kereta Commuter Line sempat mandek tertahan dan membuat penumpukan penumpang terjadi di banyak stasiun sentral. Genangan banjir di atas rel ruas Kampung Bandan, Jakarta Kota, Tebet, Kalideres-Rawa Buaya memaksa PT KAI Commuter Jabodetabek mengubah rute perjalanan kereta api. Penumpukan penumpang berdesakan di stasiun Jatinegara dan Stasiun Manggarai.

Selain membuat berantakan ratusan ribu pekerja komuter menuju Jakarta, banjir di Selasa pagi (21/2) ini pun membuat pemukiman penduduk tenggelam. Rilisan pers pagi ini dari Humas BNPB menyebut ada ribuan rumah terendam banjir Jakarta dengan ketinggian banjir rata-rata 10 – 15 cm.

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB mengatakan, laporan warga kebanjiran di Jakarta yang masuk ke dalam BNPB sekarang sudah berjumlah 401 laporan. Semua titik laporan pemukiman yang tergenang banjir sudah dirangkum ke dalam peta grafis kekinian di petabencana.id.

Hasil rangkuman BNPB menyatakan sedikitnya sampai tulisan ini diturunkan sudah ada 51 titik banjir yang tersebar di seluruh Jakarta. Rinciannya 11 titik di Jakarta Selatan, 29 titik di Jakarta Timur, dan 11 titik di Jakarta Utara.

Beberapa wilayah pemukiman dan ruas jalan yang terendam sampai Selasa siang diantara wilayah Duta Indah Blok M (30 cm), Stasiun Tebet (40cm), juga Mampang (50 cm).

Sementara itu pemukiman di Jakarta Timur pun terendam banjir meliputi wilayah Garden City (40cm), kompleks Pemukiman Keuangan (20cm), Jalan Pemuda Rawamangun (20cm),
Wilayah Pondok Kelapa pun dilaporkan tenggelam banjir sampai ketinggian semeter. Ketinggian banjir serupa sekira semeter juga terjadi di Taman Malaka Selatan 3.

Lalu di wilayah pemukiman Cipinang Melayu banjir bervariasi mulai dari 70 centimeter sampai ketinggian 1,5 meter.

Tidak hanya di Jakarta, banjir pun menenggelamkan beberapa titik di kawasan Bekasi. Hujan lebat yang sama sedari subuh membuat Bekasi kalang-kabut dikepung banjir. Beberapa pemukiman di Bekasi yang tenggelam banjir di antaranya wilayah Jakasetia, Jakasampurna, Narogong Bekasi Timur, dan Duta Kranji Bekasi. []
 

Penulis: Shulhan Syamsur Rijal