Beranda > Berita Terbaru
#IndonesiaDaruratBencana

Banjir Meluas hingga Bekasi, Depok, dan Tangerang

21 Feb 2017
Banjir Meluas hingga Bekasi, Depok, dan Tangerang

ACTNews, JAKARTA - Hujan berintensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang yang turun sejak Minggu (18/2) diperkirakan akan terus mengguyur wilayah Jabodetabek setidaknya hingga Selasa sore (21/2), seperti yang diterangkan oleh Kepala Bagian Humas BMKG, Hary Tirto Djatmiko. Menurut BMKG, curah hujan tinggi selama tiga hari belakangan ini disebabkan oleh tingginya aktivitas awan Cumulonimbus, sehingga hujan lebat disertai kilat mencapai puncaknya pada Selasa dini hari tadi.
 
Tak ayal, selain menenggelamkan hampir sebagian besar wilayah Jakarta, efek hujan deras selama tiga hari belakangan ini juga menerjang wilayah Bekasi, Depok, dan Tangerang. Pagi ini saja, sejumlah ruas jalan dan perumahan dilaporkan terendam banjir hingga ketinggian 90 cm. Instan, banjir melumpuhkan rutinitas pagi di tiga kota tersebut dan ratusan warga terpaksa mengungsi. 
 
 
Di Bekasi, 20 Titik Terendam Banjir
 
Senin (20/2), Kasi BPBD Kota Bekasi, Edi Sukamto, melaporkan setidaknya ada 20 titik banjir di Bekasi dengan ketinggian air mulai dari 40 cm sampai 1,3 meter. “Banjir itu 90 persen merendam kompleks perumahan dan selebihnya perkampungan di dekat kompleks perumahan," ungkap Edi, seperti yang dikutip dari Liputan6.com.
 
Beberapa titik banjir terparah meliputi Perum Nasio Jati Asih, Perum Duta Kranji, Villa Mutiara Gading, Harapan Mulya Bekasi, dan Perumnas 1 Bekasi. "Di Nasio Jati Asih sendiri, setidaknya ada 119 jiwa yang mengungsi," ungkap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho. 
 
Di Harapan Mulya Bekasi, ketinggian banjir mencapai 1,5 meter, sehingga sebanyak 110 KK warga harus dievakuasi. Sementara itu, beberapa warga di Perumnas 1 Bekasi juga turut mengungsi mengingat tinggi banjir mencapai 90 cm. 
 
Tak hanya kompleks perumahan, sejumlah ruas jalan utama yang menyambungkan Bekasi dan Jakarta pun ikut terendam. ‎Jalan KH Noer Ali, Kota Bekasi tepatnya di bawah jembatan lintas tol JORR, terendam banjir setinggi 60 cm. Hingga Selasa siang, penumpukan kendaraan roda empat dan dua tak dapat terelakkan, hingga menyebabkan kemacetan yang mengular.
 
 
Banjir dan Longsor Terjang Depok
 
Hujan deras berimbas pada meluapnya Situ Pladen dan Kali Laya, Depok. Berdasarkan data yang dilansir dari Viva.co.id, sejumlah pemukiman warga di Depok yang terdampak banjir meliputi Cimanggis, Beji, Bukit Cengkeh II, Jalan Grogol Pancoran Mas, Jalan Raya Pekapuran dan perumahan Taman Duta. Dari enam wilayah terdampak tersebut, Taman Duta dan Bukit Cengkeh merupakan dua wilayah langganan banjir di Depok.
 
Tak hanya banjir, hujan deras juga menyebabkan tebing setinggi 5 meter di dekat perumahan Pesona Khayangan dan Pesona Depok longsor pagi hari tadi (21/2). Akibatnya, akses jalan menuju ITC Depok tertutup sehingga warga harus mencari jalan alternatif melewati jalan raya Margonda. Hingga saat ini, tidak ada laporan mengenai korban jiwa akibat longsor tersebut.
 
 
Tangerang Turut Lumpuh
 
Di Kabupaten Tangerang, banjir menerjang Kelurahan Bencongan, Kecamatan Kelapa Dua. Laman Liputan6.com melaporkan, luapan air Kali Sabi setidaknya merendam ratusan rumah di tiga RW dengan ketinggian air mencapai 70 cm hingga 1 meter.
 
Mengarah ke Kota Tangerang Selatan, banjir setinggi setinggi paha orang dewasa menutup akses ke ruas jalan Arya Putra Greenhill Serua, Kecamatan Ciputat. Laporan langsung Bripka Supriyadi, Binmas Serua Polres Kota Tangsel menyebutkan, banjir di Jalan Arya Putra banjir tidak hanya menyebabkan puluhan motor mogok, namun menimbulkan kemacetan.
 
Tak hanya Jalan Arya Putra, kondisi serupa juga terlihat di Jalan Raya Puspitek. Sementara itu, sisi Jalan Tol Bintaro-Serpong ikut terendam banjir setinggi 50 cm sehingga hanya satu jalur yang dapat digunakan pengendara dan menyebabkan arus kendaraan tersendat hingga lebih kurang 1 kilometer. []
 
Editor: Dyah Sulistiowati
Sumber Gambar: Tribunnews, Poskotanews