Beranda > Sisi Humanis
Community Development

Dari Workshop Jurnalistik: Menulis itu Harus Menjelaskan 5W+1H

Dari Workshop Jurnalistik: Menulis itu Harus Menjelaskan 5W+1H

PENULIS MUDA: Dalam rangka mencari kader muda berbakat menjadi penulis profesional, ACT bersama MRI mengadakan Workshop Jurnalistik di Kantor ACT Ciputat, Kamis (29/5). (Foto: Muhajir Arif)
 
ACTNews, JAKARTA – Lebih mudah memahami ciri-ciri dan nilai suatu berita. Apakah suatu peristiwa itu layak diberitakan atau tidak? Hal ini, menurut Sudayat Kosasih dapat dilihat dan diperiksa dengan menilai sifat-sifatnya. Yaitu bila peristiwa itu dapat membawa akibat yang luas (consequencies), menarik dari sudut kepentingan kemanusiaan (human interest), melibatkan tokoh terkemuka (prominence), terjadinya dekat (proximity) dan terjadinya tidak lama (aktual) atau baru saja terjadi (timelines).

“When a dog bites a man that is not news, but when a man bites a dog that is news,”  ujar Sudayat Kosasih mengutip pernyataan Charles A Dana. Artinya, “kalau anjing menggigit orang itu bukan berita, tapi kalau orang menggigit anjing itu baru berita, ” tutur Sudayat Kosasih berkelakar, saat memberikan materi Teknik Menulis Berita dalam event workshop Jurnalistik Kepemimpinan yang digelar MRI Jakarta Raya dengan GPM-ACT, Kamis (29/5/2014), di Kantor ACT Ciputat.

Sudayat menjelaskan secara gamblang materi Teknik Menulis Berita, menurutnya tulisan bisa layak disebut berita kalau isi tulisan itu dapat menjelaskan 5 unsur berita yaitu: 5 W + 1H (What, Who, Where, When, Why dan How).

“Sebuah berita harus mencakup unsur-unsur yang dapat menjelaskan pertanyaan 5W dan 1H, artinya kalau orang bertanya, ada jawaban dan penjelasannya dalam tulisan yang kita tulis,” jelasnya. 

Dalam teknik penulisan, lanjut Sudayat, ada tiga jenis penulisan dan peliputan/reportase: Pertama reportase dasar/straight newskedua, reportase madya/features Newsketiga reportase lanjutan/investigative reporting.

Di akhir acara, Sudayat memandu para peserta melakukan simulasi/praktek menulis berita. Meskipun sebagian besar peserta adalah penulis pemula, mereka baru pertama kali mengikuti workshop atau pelatihan jurnalistik ini, namun dari evaluasi hasil simulasi terlihat hasil yang lumayan baik untuk ukuran pemula. Bahkan beberapa peserta sudah layak dimuat beritanya. (Muhajir)

------------------

Salurkan Paket Wakaf Pendidikan berbentuk Paket Peralatann Sekolah Anda ke: 
Kantor ACT Ciputat di Perkantoran Ciputat Indah Permai Blok B 8-9, Jl. Ir. H. Juanda No.50 Ciputat Telp. 021-741 4482.

Bagi Anda yang ingin mendonasikan bantuannya berupa uang tunai bisa ditransfer ke Rekening Wakaf Tunai :
BSM # 166 0021 212
BNI Syariah # 0270 360 372
Permata Syariah # 0971 144033
CIMB Niaga # 0800 10098 4009
BCA # 1630358007
An. Aksi Cepat Tanggap