Beranda > Berita Terbaru
Emergency Response

Daging Sapi, Menu Makan Malam Pengungsi

18 Feb 2014
Daging Sapi, Menu Makan Malam Pengungsi

MENYEMBELIH SAPI. Para relawan Dapur Umum ACT sedang menyembelih sapi. Daging sapi akan dimasak untuk makan malam para pengungsi Gunung Kelud. (Foto: Dede)

ACTNews, KEDIRI – Urusan pangan merupakan masalah yang utama bagi para pengungsi korban bencana erupsi Gunung Kelud. Sejak hari pertama masa emergency, Aksi Cepat Tanggap (ACT) sudah mendirikan Dapur Umum. Tak ayal, Presiden ACT Ahyudin merencanakan untuk membeli hewan ternak yang telantar di lokasi bencana 3 hingga 10 ekor sapi secara bertahap ke depan.

Hari ini Selasa (18/2), seekor sapi sudah dipotong di halaman Posko Dapur Umum ACT di Pare, Kediri. Tim relawan Dapur Umum ACT berkolabari dengan TNI sejak pagi hingga siang ini kesibukannya semakin meningkat. Pasalnya, tim relawan juru masak dipimpin Nurhadi alias “The Bill” ini harus menyiapkan masakan dengan menu istimewa untuk warga para pengungsi. Tak tanggung-tanggung, ACT menyiapkan masakan daging sapi untuk menu makan malam pengungsi.

“Kita sedang menyiapkan masakan dengan menu rendang daging sapi untuk menyiapkan makan malam para pengungsi Gunung Kelud,”  ujar Dede Abdul Rohman, tim Dapur Umum ACT.

Tak kurang dari 1.500 nasi bungkus rendang itu disiapkan dari Dapur Umum ACT. Dibantu para relawan pelajar dari Pramuka MTsN dan MAN Model Pare, Kediri, tim distribusi dengan sigap melayani pengungsi khususnya yang di Masjid An-Nur Pare. Makanan diantarkan ke lokasi pengungsi masing-masing. Masyarakat sangat puas dengan pelayanan makanan dari Dapur Umum ACT ini.

Untuk masalah makanan ini terutama nasi bungkus, ACT tidak pernah telat. Apalagi dengan pemotongan sapi ini. Para pengungsi sangat senang. “AIhamdulillah, dengan adanya pemotongan sapi ini… Kawulo remen sanget, dhereng wonten ingkang nyembelih sapi (saya senang sekali, belum pernah ada yang motong sapi), “ ujar Lagina (48 th), warga Desa Sata Jani 1, Puncuh, Pare, Kediri.

Lagina memberikan apresiasi kepada para relawan ACT yang berjibaku melayani pengungsi. “ACT sangat luar biasa!  Mudah-mudahan ACT ke depan lebih maju dan lebih bermanfaat lagi. Apa lagi bantuan didistribusikan secara langsung kepada pengungsi. Sukseslah untuk ACT,” pungkasnya. (dyt)

---------------

Buktikan kepedulian kita dengan langkah nyata memberikan bantuan untuk mereka. Bantuan dapat berupa barang kebutuhan pengungsi atau donasi yang dapat disalurkan melalui :

BSM # 0040119999

Muamalat # 3040031869

Mandiri # 1010004802482

BCA # 6760303133

CIMB Syariah # 5280100001006

BRI # 092401000018304

BNI Syariah # 0270360372

an. Aksi Cepat Tanggap