Beranda > Berita Terbaru
Emergency Response

Briefing: Gizi Semangat Di Lapangan

17 Feb 2014
Briefing: Gizi Semangat Di Lapangan

MENU ISTIMEWA. Presiden ACT Ahyudin memberikan briefing tengah malam kepada para relawan tim Dapur Umum. Malam ini menu kita istimewa bernama briefing. (Foto: Dok. ACT)

ACTNews, KEDIRI - Relawan kemanusiaan, manusia biasa yang bisa letih dan bosan. Bayangkan, ia harus melayani begitu banyak orang. Kalau dituruti, mereka takkan pernah rehat. Manajemen ACT menyiapkan menu istimewa bernama briefing dari para leader ACT, seperti dilakukan Presiden Ahyudin di tengah Relawan Bencana Kelud.

Pertama turun di tengah tim Dapur Umum yang sudah lebih dulu melayani pengungsi, tak peduli sudah menjelang tengah malam, Ahyudin, Presiden ACT, seperti biasa berbagi semangat. Bukan ceramah melangit tapi perbincangan ringan yang merelaksasi pikiran.

“Wah, TheBill, ente makin ganteng aja. Nah, ini Mas Elid, jagoan kita, sampeyan kok makin guede sih!” sapa Ahyudin. Beberapa nama, dengan akrab disapa. “Kita boleh kalah ganteng dengan para pejabat pusat. Kita boleh kalah fasilitas dengan pihak mana pun, tapi please, jangan kalah hebat dengan siapapun dalam melayani beneficiaries. Dapur Umum kita harus excellent. Siapkan sapi ya. Paling tidak, siapkan 10 sapi, potong bertahap. Beri para pengungsi menu yang bergizi. Semoga dengan begitu, kita semua bukan dapat pujian manusia, tapi kita rayu Allah Yang Maha Pengasih, sehingga balasannya pun yang terbaik,” papar Ahyudin lagi.

Suasana perbincangan di bawah penerangan terbatas di Dapur Umum malam itu, berlangsung hangat. Senyum mengembang merelaksasi tim yang baru usai melayani aktivitas masak-masak untuk makan malam pengungsi Kelud di wilayah Pare, Kediri.

Briefing, paduan yang serius dan yang rileks. Substansinya menyemangati. “Ini menu spesial para pimpinan ACT untuk Tim. Jangan tambah kekeruhan dan kerumitan relawan dengan beban baru. Luaskan pikiran tim, kobarkan semangat aksinya. Sebagian yang kita perlu sampaikan merupakan masukan strategis. Kita berbagai hal-hal mendasar, strategis, sesekali taktis, agar teman-teman juga meningkat kapasitasnya. Apa yang disampaikan, bisa diterapkan, kejadian besar diserap sebagai realitas dan meneguhkan visi kemanusiaan teman-teman di lapangan,” papar Ahyudin.

Briefing, gizi intelektual sekaligus energi gerak tim di lapangan. Ini bagian dari aktivitas para leader ACT, dilakukan  in door maupun  out door seperti malam itu di Dapur Umum ACT di Pare. Perjumpaannya singkat, hangat, menggerakkan. Benar-benar “bergizi” di tengah kesibukan ekstra melayani ribuan orang.  (IS)

----------------------

Buktikan kepedulian kita dengan langkah nyata memberikan bantuan untuk mereka. Bantuan dapat berupa barang kebutuhan pengungsi atau donasi yang dapat disalurkan melalui :

BSM # 0040119999

Muamalat # 3040031869

Mandiri # 1010004802482

BCA # 6760303133

CIMB Syariah # 5280100001006

BRI # 092401000018304

BNI Syariah # 0270360372

an. Aksi Cepat Tanggap