Beranda > Berita Terbaru
Emergency Response

Safari Kemanusiaan: KELUD, SELAYAKNYA SATUKAN KITA

15 Feb 2014
Safari Kemanusiaan: KELUD, SELAYAKNYA SATUKAN KITA

Sumber foto: tribunnews

 

ACTNws.Situasi darurat belum benar-benar reda. Usai banjir Jakarta, banjir Jawa Tengah (Jateng) dan erupsi  gunung Sinabung yang masih menanggung ribuan pengungsi, gunung Kelud pun meletus. Sebaran abu vulkanisnya dirasakan di kawasan yang luas. Malang, Kediri, Surabaya, Magelang bahkan luar pulau Jawa tertimpa abu Kelud. Ribuan orang mengungsi. Kembali, presiden Aksi Cepat Tanggap (ACT), Ahyudin, turun ke lokasi melengkapi rangkaian Safari Kemanusiaan 2014.

Erupsi Kelud, Kamis (13/2) malam, ubah agenda meeting manajemen ACT Jumat pagi. Agenda pembahasan pemulihan pascabanjir Jakarta, berganti Emergency Kelud. Presiden ACT menginstruksikan pengerahan relawan ACT terutama di Jakarta, Bandung, Semarang, Jogja, Surabaya dan sekitarnya, ke Kediri. "Siapkan sejumlah Posko Bencana Kelud. Siapkan dapur umum dan layanan medis," ujar Ahyudin.

Malam Kamis, tim pertama sudah bergerak menuju lokasi dipimpin Andhika P. Swasono yang baru kembali ke Jakarta setelah aksi penanggulangan bencana banjir Jateng. "Hari ini kami sudah menyiapkan Posko Induk Bencana Kelud, di Pare, Kediri," jelas Andhika.

Menilik sebaran abu vulkanisnya yang amat luas, manusia beriman seharusnya menerima positif peringatan ini. "Sekali lagi setelah Sinabung, Kelud harus makin menguatkan kesadaran kita. Hentikan semua perilaku buruk di semua lini, kedepankan langkah terbaik sesuai mandat dan kapasitas, terutama para penyandang tugas-tugas rakyat. Tanpa perubahan menuju kebaikan, cobaan seperti ini takkan banyak mengubah bangsa. Bencana disebut cobaan, ujian, kalau kita yang menghadapinya menjadi makin baik," ungkap Ahyudin.

Kelud, dan beruntun bencana alam sebelumnya, menjadi stimulan kebersamaan. "Kita harus sanggup menyatukan langkah, memadukan ikhtiar agar bangsa ini makin baik. Lolos dari ujian ini, kita tak terhentikan menjadi bangsa besar. Mari, buktikan kita sanggup satu nafas, satu kebersamaan, saling bantu mengatasi cobaan," pungkas Ahyudin. (IS)

------------------

Saat yang tepat mewujudkan kepedulian, baik personal, komunitas maupun CSR perusahaan anda bersama ACT. Bantuan yang di butuhkan  adalah: Evakuasi, masker,  makanan siap saji, pakaian & selimut, air bersih  & MCK, Logistik & dapur umum, Layanan Kesehatan & obat-obatan, serta kebutuhan lainnnya.

Bantuan Natura atau barang dapat di sampaikan ke:

# Posko Bencana Nasional

Perkantoran Ciputat Indah Permai, B8-9, Jl.Ir. H Juanda No.50, Ciputat. Telepon 021-7414482

# Posko Kediri

Ruko Gajah Mada Indah Blok A1 jalan R.A Kartini no.21 Pelem, Pare, Kediri.

Contac Person:

Ruli 08121305181 

# Buktikan kepedulian kita dengan langkah nyata memberikan bantuan untuk mereka. Bantuan dapat berupa barang kebutuhan pengungsi atau donasi yang dapat disalurkan melalui :

BSM # 0040119999

Muamalat # 3040031869

Mandiri # 1010004802482

BCA # 6760303133

CIMB Syariah # 5280100001006

BRI # 092401000018304

BNI Syariah # 0270360372

an. Aksi Cepat Tanggap