Beranda > Berita Terbaru
Emergency Response

Trauma Healing Korban Banjir Pekalongan

13 Feb 2014
Trauma Healing Korban Banjir Pekalongan

RIANG GEMBIRA. Anak-anak korban banjir dan longsor di Jawa Tengah bergembira riang usai mengikuti acara trauma healing yang diasuh Kak Didin pendongeng dari GePPuK. (Foto: Hasan/Iskandar/MRI Jateng)

 

ACTNews. PEKALONGAN - Banjir yang melanda Pekalongan, Pati, Kudus, Semarang, Kebumen dan daerah lainnya di Jawa Tengah menyisakan kerusakan fisik maupun mental. Bahkan beberapa keluarga kehilangan anggota keluarganya. Ribuan korban banjir masih trauma dengan musibah banjir ini.

Tanggap terhadap kondisi tersebut, Tim program Health for Humanity – Community Development (Comdev) Aksi Cepat Tanggap (ACT) bermitra dengan komunitas Gerakan Para Pendongeng untuk Kemanusiaan (GePPuK) menggelar acara roadshow Trauma Healing untuk korban banjir di beberapa titik posko kemanusiaan ACT di wilayah Jawa Tengah.

Menurut Andhika P Swasono, komandan Disaster Emergency and Relief Management (DERM)-ACT, program ini merupakan program lanjutan dari fase tanggap darurat (emergency response) sejak dua minggu yang lalu di wilayah Jawa Tengah.

Kemarin malam Tim relawan ACT dari MRI Jawa Tengah bersama GePPuK memberikan pelayanan healing therapy kepada anak-anak korban banjir di Dukuh Kaligesing, desa Cikadu, Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang. Sekitar 333 jiwa atau 100 KK korban banjir dan longsor mengikuti acara trauma healing bertempat di masjid, Selasa (11/2).

Rabu siang (12/2), tim relawan ACT dan GePPuK melanjutkan kegiatan trauma healing Kelurahan Pasir Sari, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan. Bertempat di bawah tenda pengungsi di pinggir tanggul sungai. Anak-anak korban banjir tampak antusias dan bergembira setelah menyimak cerita dan permainan dari Kak Didin, pendongeng dari GePPuK.

Sebelumnya, ACT juga memberikan layanan kesehatan kepada korban banjir Jawa Tengah baik secara door to door kepada korban di Pati, maupun yang diselenggarakan di posko-posko Kemanusiaan ACT di beberapa titik, seperti di daerah terdampak banjir di RT 001/01 Kelurahan Terboyo Kulon, Kec. Genuk, Kota Semarang.

“Sekarang sudah selesai program trauma healing di Jawa Tengah. Alhamdulillah, semua berjalan dengan lancar. Semoga para korban sudah kembali semangat untuk bangkit dari musibah bencana dan bisa kembali beraktifitas seperti sebelumnya, “ kata Andhika. (dyt)

---------------------

Salurkan bantuan anda untuk korban bencana alam di beberapa daerah di Indonesia, melalui rekening:

BSM : 004 011 9999

BCA : 676 030 3133

MANDIRI : 101 000480 2482

BNI SYARIAH : 270 360 372

An. Aksi Cepat Tanggap