Beranda > Berita Terbaru
Emergency Response

Layanan Kesehatan untuk Korban Banjir Cawang

12 Feb 2014
Layanan Kesehatan untuk Korban Banjir Cawang

KESEHATAN GRATIS - Puluhan anak-anak korban banjir di Cawang, Jakarta Selatan, melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis. Pada umumnya mereka menderita sakit ISPA dan gatal-gatal.(Foto:tanto/act)

 

ACTNews. JAKARTA – Banjir Jakarta memang berangsur surut. Namun, dampak risiko bencana banjir ini menyisakan gangguan kesehatan bagi para korban baik secara fisik maupun psikis. Pada umumnya korban di beberapa tempat pengungsian menderita berbagai penyakit seperti batuk, pilek, gatal-gatal dan ISPA.

Menyadari pentingnya kesehatan para korban banjir, Aksi Cepat Tanggap (ACT) kembali memberikan pelayanan kesehatan (Pelkes) di Rt 04 dan 05 Rw 01 Kelurahan Cawang, Jakarta Selatan, Selasa (11/2) kemarin. Pelayanan kesehatan(Pelkes) ini merupakan rangkaian program ACT yang diadakan di puluhan titik pengugsi korban bencana.

Menurut Zhiyya Urrahman, Tim Divisi Health for Humanity di bawah Community Development (Comdev)-ACT, pihaknya sudah menjalankan program ini sejak fase emergency hingga sekarang yang sudah memasuki fase recovery.

“Pelayanan kesehatan kali ini diadakan untuk korban banjir. Kita sejak awal emergency banjir hingga banjir berakhir pun terus melakukan pelayanan kesehatan,” ungkap Zhiyya, Koordinator Pelayanan kesehatan ACT.

Zhiyya menambahkan, dalam setiap melakukan kegiatan pelayanan kesehatan, pihkanya sering bekerjasama dengan berbagai mitra baik perusahaan maupun komunitas. “Kegiatan pelayanan kesehatan kali ini, ACT bermitra dengan komunitas Peduli Banjir Nurul Fikri dan Ummul Quro,” ungkap priya kelahiran Jambi itu.

Menurut koordinator unit Posko ACT Cawang, Muhammad Yamin, kegiatan pelkes selain di Cawang, juga dilakukan di beberapa posko ACT lainnya di Jakarta dan di luar Jakarta. Di Jakarta Selatan, dilakukan di Posko Cawang, Manggarai, Pejaten Timur, Petogogan, Pesanggrahan, Pondok Labu, dan Bukit Duri.

Warga Cawang merasa puas dengan adanya Pelkes yang dilakukan ACT. “Pelayanan kesehatan ini sangat bagus, ACT bukan hanya programnya, kecepatan dalam menanggapi bencana ini sudah tepat sesuai dengan apa yang dibutuhkan para korban. Apalagi lengkap dengan pemeriksaan tensi darah, pemberian obat-obatan, lebih lengkap lagi,“ kata Dana wakil ketua Rt 5 Kelurahan Cawang.

Dana sangat kagum sama ACT yang cepat tanggap dan peduli sesuai motonya “Care for Humanity.” “Kayak sejenis LSM, emang sangat bagus juga apalagi saya sering denger di tivi kan sampai mendunia, sampai ke Timur Tengah,” terang Dana.

Menurut dr. Rizki Rizal, salah seorang relawan tim medis ACT, para pasien yang datang ke posko pelayanan kesehatan kebanyakan anak-anak dan mereka banyak menderita penyakit gatal-gatal, pilek dan batuk. “Rata-rata menderita ISPA dan gatal-gatal,” ungkap Dokter lulusan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu. (Tanto).

Editor: Sudayat

-----------------------

Salurkan bantuan anda untuk korban bencana alam di beberapa daerah di Indonesia, melalui rekening:

BSM : 004 011 9999

BCA : 676 030 3133

MANDIRI : 101 000480 2482

BNI SYARIAH : 270 360 372

An. Aksi Cepat Tanggap