Beranda > Berita Terbaru
DMII

Penyuluhan Mitigasi Bencana Banjir, Upaya Pengurangan Risiko Bencana

11 Feb 2014
Penyuluhan Mitigasi Bencana Banjir, Upaya Pengurangan Risiko Bencana

PENYULUHAN MITIGASI - Lukman Solehudin Instruktur Penyuluhan dari DMII, saat memberikan penyuluhan mitigasi bencana banjir kepada siswa-siswi sekolah Citra Indonesia Bintaro – Tangerang Selatan.(Foto:dok/act)

 

ACTNews.TANGSEL – Disaster Management Institut Indonesia (DMII) adalah salah satu Divisi dan Unit Kerja di Lembaga Kemanusian Aksi Cepat Tanggap (ACT). Merupakan program edukasi dan manajemen kebencanaan untuk masyarakat yang mengusung konsep Manajemen Bencana Terpadu (MBT) dengan aktivitas meliputi: pelatihan, penyuluhan, konsultasi dan penelitian berbasis keahlian akademis praktis dan empiris dibidang penanganan bencana alam dan sosial secara terpadu.

Pelatihan, penyuluhan, konsultasi dan penelitian yang dilakukan mencakup mitigasi, kesiapsiagaan, emergensi, rehabilitasi, rekonstruksi hingga prosedur mutu dalam tugas-tugas kemanusiaan dan kebencanaan.

DMII dalam aksinya, Jumat (7/2) yang lalu, memberikan penyuluhan mitigasi bencana banjir kepada siswa-siswi di sekolah Citra Indonesia Bintaro – Tangerang.

Acara ini merupakan bagian dari pengurangan risiko bencana bagi masyarakat khususnya siswa sekolah. Dalam kegiatan ini pemateri membahas pengertian, penyebab dan cara mengatasi bencana banjir.

Pertama pemateri menerangkan apa itu banjir, kemudian semua peserta diminta berperan aktif menuliskan faktor-faktor yang  mengakibatkan banjir dan cara pencegahannya terus perwakilan dari siswa diminta kedepan untuk menerangkan hasil dari tulisannya.

Diakhir kegiatan mitigasi ini, perwakilan dari siswa sekolah Citra Indonesia memberikan simbolis serah terima bantuan untuk korban banjir yang disalurkan melalui ACT, sebagai bentuk parsitipasi kemanusiaan bagi korban banjir. 

Lukman Solehudin mengatakan bahwa Ia sudah melakukan mitigasi bencana di beberapa sekolah, salah satunya di sekolah Citra Indonesia, yang merupakan mitra ACT dalam penanggulangan bencana.

Menurutnya, mitigasi dikalangan anak-anak usia sekolah sangatlah penting, sebagai sarana edukasi kesiapsiagaan bagi siswa dengan mengenalkan jenis-jenis bencana dan pencegahannya untuk mengurangi dampak resiko bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi pada siapapun, dimanapun dan kapanpun.

“Simulasi bencana adalah kegiatan rutin yang biasa kami lakukan di sekolah Citra Indonesia sebagai sarana pendidikan mitigasi bencana bagi siswa,” ujar Yeni, Kepala sekolah Citra Indonesia.

“Dan selain itu juga kami tanamkan kepada para siswa untuk senantiasa berbagi (membantu) pada sesama, khususnya pada korban bencana. Dari sepekan ini telah terkumpul sejumlah uang dan beberapa logistik sumbangan dari siswa yang akan kami berikan ke korban banjir melalui ACT,” lanjutnya. (Muhajir) 

---------------------

Salurkan bantuan anda untuk korban bencana alam di beberapa daerah di Indonesia, melalui rekening:

BSM : 004 011 9999

BCA : 676 030 3133

MANDIRI : 101 000480 2482

BNI SYARIAH : 270 360 372

An. Aksi Cepat Tanggap