Beranda > Berita Terbaru
Emergency Response

Status Gunung Kelud Naik menjadi Siaga

11 Feb 2014
Status Gunung Kelud Naik menjadi Siaga

Foto: arief priyon/antara

 

ACTNews. Aktivitas vulkanik Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur, meningkat. Aktivitas kegempaan vulkanik didominasi oleh gempa vulkanik dangkal dan gempa vulkanik dalam. Data suhu air panas di kawah Gunung Kelud dan pemantauan visual menunjukkan peningkatan.

Karena itu, terhitung Senin (10/2) pukul 16.00 WIB, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Kelud menjadi Siaga atau level tiga. Sebelumnya status Gunung Kelud adalah Waspada atau level dua).

Pendaki, wisatawan, dan masyarakat diminta tidak mendekati puncak kawah Gunung Kelud. Kepala PVMBG Hendrasto telah melaporkan perubahan status Gunung Kelud itu kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Syamsul Muarif.

Menurut PVMBG, daerah yang berpotensi terlanda letusan Gunung Kelud ada pada kawasan rawan bencana III. Kawasan ini selalu terancam awan panas, gas racun, lahar letusan, dan aliran lava. Kawasan yang berada dalam radius dua kilometer dari pusat erupsi ini juga berpotensi tertimpa lontaran batu (pijar) dan hujan abu lebat. Untungnya, pada radius dua kilometer itu tidak ada permukiman warga.

Sedangkan pada kawasan rawan bencana II berpotensi terlanda awan panas, aliran lava, dan lahar letusan. Kawasan dalam radius lima kilometer dari pusat erupsi ini juga berpotensi tertimpa lahar hujan dan hujan abu lebat. Di wilayah ini diperkirakan ada sekitar 100 jiwa penduduk. Warga yang berada di kawasan ini diminta selalu waspada dan memerhatikan perkembangan Kelud yang dikeluarkan oleh PVMBG.

Sebelumnya, Deputi Penanganan Darurat BNPB Tri Budiarto telah melakukan koordinasi dengan BPBD Blitar, BPBD Malang, dan Kediri. Itu untuk menyiapkan rencana kontinjensi. BNPB akan melakukan langkah-langkah penanganan lebih lanjut bersama kementerian/lembaga dan pemda. Masyarakat diimbau waspada.

Sumber: metrotvnews.com

---------------------

Salurkan bantuan anda untuk korban bencana alam di beberapa daerah di Indonesia, melalui rekening:

BSM : 004 011 9999

BCA : 676 030 3133

MANDIRI : 101 000480 2482

BNI SYARIAH : 270 360 372

An. Aksi Cepat Tanggap